Jabatan Kepsek di Batanghari Banyak Kosong

Di tahun mendatang, dipastikan puluhan jabatan Kepala Sekolah tingkat SD maupun SMP negeri banyak yang kosong.

Jabatan Kepsek di Batanghari Banyak Kosong
TRIBUNJAMBI/HENDRI DEDE PUTRA
Sebanyak 66 orang kepala sekolah dan pengawas TK/SD di Kabupaten Kerinci dilantik siang ini (29/11). 

Laporan Wartawan Tribun Jambi , Suci Rahayu

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Di tahun mendatang, dipastikan puluhan jabatan Kepala Sekolah tingkat SD maupun SMP negeri banyak yang kosong.

Penyebabnya, selain karena adanya Kepsek yang habis masa jabatan juga terdapat sekolah yang masih ber-Pelaksana Tugas (Plt) saat ini. Hal ini dikatakan Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Batanghari, Jamilah.

"Kondisi dan situasi ini sudah dilaporkan kepada bupati, kami selaku SKPD teknis menunggu instruksi dari beliau," katanya.

Permasalahan yang akan terjadi jika sekolah hanya memiliki Plt, dan bukan kepsek definitif akan muncul saat pelaksanaan Ujian Nasional (UN). "Iya, berkibarnya pada pelaksanaan UN," imbuhnya.

Saat ini, lanjutnya dinas sedang mendata ulang sekolah mana saja yang habis masa jabatan Kepsek nya. "Kami masih mem validasi datanya," ujarnya.

Seperti diketahui, sampai 2016 ini, terdapat 42 Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Sekolah (Kepsek), untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). dari jumlah Plt Kepsek yang ada, terdiri dari 41 Plt Kepsek SD dan 1 orang di tingkat SMP.

Jumlah ini akan bertambah, pasalnya banyak Kepsek yang habis masa jabatannya.

Penyebab banyaknya banyaknya Pelaksana Tugas Kepsek, karena adanya beberapa kriteria untuk menjadi kepsek belum terpenuhi. Diantaranya, belum cukupnya golongan, pendidikan belum sarjana. Sementara dari segi skill (Kemampuan), mereka yang ditunjuk menjadi Plt sudah mencukupi.

Setidaknya ada 40-an yang masuk dalam daftar tunggu untuk menjadi Kepsek. Dalam artian, semua persyaratan untuk menjadi Kepsek sudah dimiliki.

Hal ini mengacu pada Permendiknas tahun 28 tahun 2010, tentang tugas tambahan guru diangkat menjadi kepsek. Posisi Kepsek bukanlah jabatan, namun tugas tambahan bagi guru.

Ikuti kami di
Penulis: suci
Editor: fifi
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help