Cara Praktis Membakar Lemak Tanpa Harus ke "Gym"

Apakah belakangan ini Anda tak olahraga ke gym? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan saat terpaksa bolos olahraga di gym beberapa minggu sekaligus

Cara Praktis Membakar Lemak Tanpa Harus ke
Net

TRIBUNJAMBI.COM - Apakah belakangan ini Anda tak olahraga ke gym? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan saat terpaksa bolos olahraga di gym beberapa minggu sekaligus.

1. Mulai hari dengan olahraga
Sebelum sarapan, mulailah olahraga di pagi hari. Olahraga pagi ini membakar 20 persen lemak lebih banyak dibandingkan setelah sarapan, kata penelitian pada 2013 yang diterbitkan di British Journal of Nutrition.  Olahraga sendiri di rumah ini dapat berupa gerakan menantang seperti squat jump dan lunge selama 10 menit.

2. Naik tangga
Ambil waktu 10 menit di sela kesibukan untuk naik turun tangga. Naik turun tangga ini dapat membakar sekitar 100 kalori. Kegiatan naik turun tangga ini pun membuat tubuh jadi lebih relaks. Ingin membakar lebih banyak kalori? Larilah saat naik turun tangga.

3. Lari sprint
Biasa lari selama 30 menit di treadmill? Lakukan lari 10 menit saja tetapi dengan kecepatan lebih. "Olahraga intensif selama 10 menit itu membangkitkan pembakaran metabolisme yang setara dengan olahraga intensitas sedang selama 20-30 menit," kata Jordan Metzl, MD, penulis Metzl's Workout Prescription.

Menurut studi di 2013 dari Colorado State University, olahraga hanya 2,5 menit dengan intensitas tinggi seperti lari atau sepeda sprint membakar 200 kalori lebih di sepanjang hari.

4. Cukup tidur
Riset dari University of Chicago menemukan pelaku diet yang menghilangkan lemak 55 persen tidur selama 5,5 jam dibandingkan yang tidur 8,5 jam. Agar dapat tidur nyenyak hindari layar bercahaya seperti TV atau ponsel. Makanlah camilan yang bikin cepat tidur seperti pisang.

5. Tambah latihan beban
Jogging di malam hari adalah cara baik untuk membakar kalori. Diikuti dengan latihan kekuatan, kita terus membakar lemak setelah olahraga. Agar maksimal pembakaran itu, latihan itu harus meliputi seluruh massa otot," saran Lean Kravitz, koordinator program ilmu olahraga dari University of New Mexico. Latihan itu meliputi panjat dinding,push up, dan lunge.

6. Jalan kaki
Jalan kaki selama 15 menit berarti membakar hampir tiga kali kalori lebih banyak dibandingkan hanya duduk saja. Ini kata studi baru diJournal of Physical Activity and Health. Jalan kaki pun membantu mempercepat kerja pencernaan.

7. Tambah kecepatan
"Kecepatan adalah kunci. Bergerak, jalan atau lari sedikit lebih cepat membakar kalori lebih banyak," kata Kravitz. Mengubah kecepatan jalan kaki lebih cepat dan lebih sering membantu membakar sampai 20 persen kalori, menurut studi Ohio State University di 2015. Coba tambah kecepatan selama 30 menit lalu jalan kaki dengan kecepatan nyaman selama tiga menit.

8. Menari
Menari selama satu jam dapat membakar antara 200-600 kalori. Selain bikin langsing, menari pun membantu membangun kekuatan, meningkatkan fleksibilitas serta memperlambat proses penuaan.

9. Latihan Tabata
Latihan tabata ini meliputi empat gerakan saja seperti plank jacks, jump squat. Lakukan satu gerakan selama 20 detik, istirahat 10 detik kemudian lakukan lagi. Lanjutkan gerakan lagi dan ulangi. Rutinitas latihan ini hanya empat menit tetapi bakal membakar 13,5 kalori per menit dan dua kali membakar kalori selama setengah jam setelahnya. Ini kata riset dari Auburn University di Alabama.

10. Gerak badan
Saat istirahat iklan di TV, berdiri dan gerakkan badan. Riset Mayo Clinic membuktikan bergerak seperti ini dapat membakar 350 kalori sepanjang hari. Bergerak ini dapat menghilangkan efek negatif duduk terlalu lama saat nonton TV.

Ikuti kami di
Editor: bandot
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help