TribunJambi/
Home »

Jambi

» Bungo

Pilkada Serentak

Cakada Boleh Berikan Aksesoris, Ini Nominalnya

Batas maksimal pemberian aksesoris kampanye dari kandidat kepada masyarakat nominalnya tidak

Cakada Boleh Berikan Aksesoris, Ini Nominalnya
TRIBUNJAMBI/ANDIKA ARNOLDY
Ilustrasi kampanye 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Awang Azhari

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA TEBO - Batas maksimal pemberian aksesoris kampanye dari kandidat kepada masyarakat nominalnya tidak boleh lebih Rp 25 ribu, ‎apapun bentuknya.

Hal ini disampaikan Komisioner KPUD Tebo, Ryance mempertegas soal larangan melakukan money politik dalam proses Pilkada 2017 mendatang.

Bukan cuma itu, untuk sekedar makan atau snack saja kata Ryance ada regulasi khusus. Biaya konsumsi mesti sesuai dengan daerah setempat.

"Bahkan untuk doordprize, atau hadiah jika membuat sebuah perlombaan, tidak boleh lebih Rp 1 juta," kata Ryance.

Itu gambaran soal ketatnya pengawasan terhadap praktik money politik di Pilkada kali ini, semua celah ditutup.

Hal ini terus disosialisasikan oleh KPUD, mulai dari memanggil perwakilan kandidat sampai ke sekolah-sekolah, dengan target pemilih pemula.

Meski demikian, celah untuk money politik dianggap masih terbuka, dan sepanjang waktu sebelum pencoblosan hal tersebut bisa terjadi.

Bisa dalam bentuk pemberian uang langsung ke pemilih atau serangan fajar, hal ini kata Riyance mesti diawasi secara bersama termasuk masyarakat.

"Masyarakat kita harus lebih cerdas lagi, kenali pasangan melalui visi dan misi, hindari politik uang. Dan kalau memang menemukan, laporkan saja," pungkasnya.

Penulis: awang
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help