Perbankan

Bunga Deposito Bank di Level 6,1 Persen

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat suku bunga simpanan terus turun pasca LPS

Bunga Deposito Bank di Level 6,1 Persen
KONTAN/PATRICIUS DEWO PUTRO

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat suku bunga simpanan terus turun pasca LPS menurunkan tingkat bunga penjaminan sebesar 50 bps pada September 2016.

Pada laporan indikator likuiditas yang oleh LPS tercatat rata-rata bunga deposito acuan sebesar 6,1% per kuartal III-2016 atau turun 25 bps dibandingkan posisi kuartal sebelumnya.

Acuan bunga deposito turu ini karena rata-rata suku bunga maksimum turun 35 bps menjadi 6,99% dan suku bunga minimum turun 15 bps menjadi 5,21%.

Dibandingkan tahun 2015, penurunan bunga simpanan pada tahun 2016 terlihat lebih tajam yang disebabkan oleh penurunan bunga acuan hingga lima kali serta efisiensi biaya bunga.

Bagaimana prospek kedepan? LPS menilai tren penurunan bunga simpanan diperkirakan masih akan berlanjut hingga akhir tahun 2016, meski tidak akan setajam tren penurunan di semester I- 2016.

Meski suku bunga dalam tren menurun, namun likuiditas diharapkan bisa terjaga dengan baik hingga akhir tahun, karena didukung oleh bias kebijakan moneter yang longgar dan aliran dana masuk dari program tax amnesty.

Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help