Kebakaran Lahan

Di Bungo Lahan Sengaja Dibakar untuk Membuka Kebun

Pembakaran lahan untuk membuka kebun di Kabupaten Bungo mulai marak, pihak dari

Di Bungo Lahan Sengaja Dibakar untuk Membuka Kebun
SRIPOKU.COM/WELLY HADINATAS
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Pembakaran lahan untuk membuka kebun di Kabupaten Bungo mulai marak, pihak dari Pemadam Kebakaran Kabupaten Bungo memantau beberapa titik api muncul.

Seperti yang terjadi Minggu (28/8) sore, beberapa hektare lahan di Dusun Sungai Ipuh Kecamatan Limbur dilalap sijago merah.

Kebakaran terjadi karena pemiliknya sengaja menyulut api semak belukar yang sudah ditebang, diduga untuk membuka kebun sawit. Setidaknya ada dua titik kebakaran di waktu bersamaan.

Beruntung titik api terpantau, Damkar langsung menerjunkan ‎pasukannya berjumlah 21 orang dari dua pos, dibantu pihak kepolisian sektor dan Koramil 02 Tanah Tumbuh.

"Dengan menggunakan alat seadanya, termasuk menggunakan pelepah sawit, upaya pemadaman dilakukan hingga malam," kata Kepala Damkar, Arpan Tuyani.

Setidaknya memakan waktu kurang lebih tiga jam, pemadaman di dua titik itu tuntas. Api bisa secara total dijinakkan.

Ini untuk kesekian kalinya masyarakat di Bungo sengaja membakar lahan dalam membuka kebun, sebelumnya beberapa hektare lahan di Rimbo Tengah pun terlalap api. Upaya pemadaman juga dilakukan hingga malam.

Di Jujuhan juga sebelumnya muncul beberapa titik api, saat dipantau ke lokasi sama seperti kasus lain, lahan sengaja dibakar oleh masyarakat untuk membuka kebun.

"Padahal kita sudah imbau soal larangan membakar lahan ini, kita juga sudah jelaskan bahwa itu tindak pidana. Tapi masyarakat masih juga nekat."

Arpan berharap, kesadaran masyarakat soal bahaya membakar lahan, karena dampak buruknya dirasakan oleh banyak orang.

Penulis: awang
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help