Travelling

GALERI FOTO: Yuk Berwisata ke Bungo! Bisa Berenang dengan Ikan Semah yang Jinak

Dengan kontur tanah berbukit, alam Bungo banyak menyimpan destinasi yang sebenarnya

GALERI FOTO: Yuk Berwisata ke Bungo! Bisa Berenang dengan Ikan Semah yang Jinak
TRIBUN JAMBI/AWANG AZHARI

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Awang Azhari

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Dengan kontur tanah berbukit, alam Bungo banyak menyimpan destinasi yang sebenarnya sangat berpotensi dijadikan lokasi wisata, hanya memang sejauh ini belum ada yang terkelola secara maksimal.

Satu diantaranya Lubuk Beringin di Kecamatan Bathin III Ulu, terdapat satu sungai dengan air yang masih jernih dan deras. Kemudian bebatuan di sana juga tergolong besar sehingga memperindah suasana.

Saat ini, sebagian sungai sudah didam agar tampak lebih indah dan bisa dijadikan lokasi untuk berenang, wajar jika setiap hari libur kawasan ini menjadi lokasi bersantai oleh warga lokal.

Bukan hanya berenang dan menikmati alam yang masih sangat asri, pengunjung akan dikejutkan dengan banyaknya ikan semah bergerombol dekat dengan para wisatawan ‎yang berenang.

Seolah sudah sangat dekat dengan manusia, ikan-ikan tersebut tak menjauh jika didekati, meski bukan perkara mudah untuk menangkapnya.

"Ikan-ikan ini memang tidak boleh diambil, sekalipun belum pernah kami panen. Jadi dibiarkan saja di sini," kata Kepala Kampung Lubuk Beringin, Zainal saat ditemui di lokasi.

Belum lagi untuk sampai ke sana yang berjarak kurang lebih 40 kilometer dari pusat kota, pengunjung melewati bentang alam yang masih cukup alami, seperti bukit-bukit yang menjulang, hamparan sawah di kiri dan kanan, kemudian sungai berair deras serta jernih di sepanjang jalan juga tak kalah indah.

Pengelolaan kini mulai sedikit profesional, seperti mulai adanya fasilitas WC umum di lokasi lubuk, kemudian musala dan area parkir yang luas, serta sudah dipungut retribusi masuk.

Halaman
12
Penulis: awang
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help