TribunJambi/

Langka, Hanya Ada 2 di Dunia, Koin Emas Berwajah Kaisar Romawi

Pencetakan uang tersebut merupakan hal langka tingkat global. Inilah alasannya hanya ada 2 koin emas di dunia yang berwajah Kaisar Romawi.

Langka, Hanya Ada 2 di Dunia, Koin Emas Berwajah Kaisar Romawi
Koin emas berwajah Kaisar Romawi Augustus Deified di depan dan dibaliknya ada simbol legiun Romawi pada masa Kaisar Romawi Trajan. (Samuel Magal / Shai Halevy / Israel Antiquities Authority/sci-news.com) 

KOIN emas berwajah Kaisar Romawi adalah koin super langka yang sudah berumur 1900 tahun. Menurut arkeolog di IAA, koin tersebut hanya ada dua di dunia. Saat ini, Laurie Rimon dari Kibbutz Kefar Blum di Israel utara, telah menemukan satu koin itu di Galilee Timur. Jadi, hanya ada satu lagi koin serupa dan sampai sekarang belum tahu keberadaanya.

Jadi, penemuan ini adalah hal luar biasa dan mengejutkan banyak pihak. Dengan penemuan ini, masyarakat dapat melihat dan menikmati barang yang sangat langka. "Laurie menunjukkan perilaku sipil teladan dengan menyerahkan koin penting ini ke Israel Antiquities Authority (IAA)," kata Dr Nir Distelfeld, seorang inspektur IAA Unit Prevention of Antiquities Robbery.

Mengapa koin ini sangat langka?

Menurut pengumpul mata uang dari IAA, Dr. Danny Syon , koin ini, dicetak di Roma pada 107 CE. Pencetakan uang tersebut merupakan hal langka tingkat global. Inilah alasannya hanya ada 2 koin emas di dunia yang berwajah Kaisar Romawi.

Hal ini karena gambar pada sisi-sisi koin. Koin ini mempunyai sisi depan berwajah Kaisar Romawi Augustus Deified (Divus Augustus). Sedang dibaliknya ada lambang legiun Romawi disamping nama Kaisar Romawi Trajan. Padahal biasanya pencetakan uang pada masa itu bergambar simbol legiun Romawi beserta sang Kaisar Trajan itu sendiri.

Ternyata koin ini merupakan bagian dari serangkaian koin yang dicetak oleh kaisar Trajan (memerintah 98-117 CE) sebagai penghormatan kepada kaisar yang mendahuluinya, Kaisar Augustus Deified.

"Koin mencerminkan kehadiran tentara Romawi di wilayah tersebut sekitar 2.000 tahun yang lalu yang kemungkinan membantu melawan pendukung Bar Kokhba di Galilea. Tapi hal ini masih sangat sulit ditentukan jika hanya berdasarkan satu koin saja," tambah Dr. Donald T. Ariel, kepala kurator Departemen Coin IAA.

Sumber-sumber sejarah yang menggambarkan bahwa pada periode para tentara Romawi digaji tinggi dengan tiga koin emas, setara dengan 75 koin perak per harinya. Sementara perunggu dan perak dari Trajan adalah hal umum di negara itu, maka koin emas adalah barang yang sangat langka.(Ali Fatur Rohmah/Sumber: sci-news.com)

Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help