TribunJambi/

Resah akan Digusur, Warga Kampung Tongkol Mundurkan Rumah, Bersihkan Sungai

Pemprov DKI Jakarta berniat melakukan penggusuran sebanyak 10 meter dari pinggiran kali di wilayah tersebut.

Resah akan Digusur, Warga Kampung Tongkol Mundurkan Rumah, Bersihkan Sungai
kompas.com
Bagian rumah contoh Kampung Tongkol yang menghadap sungai. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Pergerakan yang mengarah pada perbaikan lingkungan di Kampung Tongkol, Bantaran Kali Ciliwung, Jakarta, terjadi karena keresahan warganya terhadap niat penggusuran oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Pemprov DKI Jakarta berniat melakukan penggusuran sebanyak 10 meter dari pinggiran kali di wilayah tersebut.

Namun, mendengar hal tersebut warga Kampung Tongkol lantas melakukan beberapa tindakan pencegahan.

"Warga sepakat ingin bertahan dan tidak mau dipindah ke rumah susun," ucap salah satu warga Kampung Tongkol, Muhammad Gugun, kepada Kompas.com, Kamis (19/5/2016).

Kendati begitu, warga Kampung Tongkol tak ingin berdiam diri dan justru mencari cara agar tetap bisa bertahan di sana.

Gugun bersama warga lainnya lantas melakukan perbaikan-perbaikan di Kampung Tongkol yang sekiranya bisa menghilangkan upaya penggusuran.

"Ibarat orang mau melamar biar diterima kan harus bersolek, kampungnya harus baik menurut mereka, ya paling tidak secara fisik dan sikap seperti yang dituduhkan pemerintah kita hilangkan," jelas Gugun.

Pemprov DKI Jakarta, menurut Gugun memiliki perspektif bahwa warga pinggir kali kerap membuang sampah di sungai, rumahnya kumuh, kotor, tidak ada matahari, minim angin, dan sarang penyakit TBC.

Seluruh warga Kampung Tongkol kemudian bergotong-royong melakukan segala macam perbaikan seperti memotong rumah atau bangunan sebanyak 5 meter dari pinggiran sungai, membuat sarana pengelolaan sampah, penghijaun, membuat rumah contoh, dan membuat septic tank.

"Itu semua sikap kami untuk melawan rencana penggusuran. Kita tidak sekadar ngomong, tidak hanya di atas kertas, tapi lewat tindakan-tindakan positif," tegas Gugun.

Gugun pun berharap apa yang dia dan warga Kampung Tongkol lakukan dapat membuat segala tuduhan Pemprov DKI Jakarta hilang sehingga tak ada alasan lagi untuk menggusur keberadaan mereka.

Editor: nani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help