Festival Kampung Laut, Merawat Keunikan Suku Duano

Keunikan memutik sumbun bisa disaksikan pada Minggu-Senin, 22-23 Mei besok di Kampung Laut

Festival Kampung Laut, Merawat Keunikan Suku Duano
TRIBUNJAMBI/DEDI NURDIN
Suasana gerhana matahari di Kampung Nelayan, Tanjung Jabung Timur. 

Laporan Wartawan Tribun Teguh Suprayitno

TRIBUNJAMBI.COM  – Sumbun, sejenis kerang yang biasa jadi konsumsi suku Duano.

Belakangan masyarakat umum Kampung Laut di Tanjung Jabung Timur juga biasa menjadikan sumbun jadi satu hidangan istimewa sekali setahun.

“Hanya ada sekali dalam setahun, air laut benar-benar surut, dan itu saatnya untuk menangkap sumbun,” kata Hendi Fresco, panitia acara memutik sumbun, Jumat (20/5).

Sumbun yang biasa hidup di perairan laut berlumpur, praktis jadikan Tanjung Jabung Timur satu dari tiga tempat istimewa di dunia penghasil sumbun.

Selama ini, Sumbun hanya dikenal umum di Cina, Kalimantan Barat dan Tanjabtim kata Hendi.

Keunikan memutik sumbun bisa disaksikan pada Minggu-Senin, 22-23 Mei besok di Kampung Laut.

Hendi mengatakan, Dinas Pariwisata Tanjung Jabung Timur menggelar acara ini untuk mempertahankan tradisi unik anak negeri.

“Jambi itu punya potensi unik, tapi masih dibiarkan tidur. Sekarang kita ingin kenalkan,” katanya.

Dengan mengenalkan sumbun, diharapakan masyarakat Jambi khususnya, menyadari dan bangga bahwa Jambi punya potensi biota air yang unik, yang tak dimiliki banyak negara.

Di masyarakat Tanjabtim, Sumbun biasa dibuat menu sop. Dagingnya yang lembut dan khas, menjadi sajian tradisional istimewa di Tanjabtim selain terkenal dengan udang nenek.

Bukan hanya memutik sumbun, festival Kampung Laut juga akan diramaikan dengan acara makan besar, festival layang-layang, lomba pancing dan melihat ritual adat di Kampung Laut.

Acara yang digelar dua hari di Kampung Laut ini nantinya bakal didatangi banyak undangan dari perwakilan pemerintah delapan Kabupaten dan dua kota di Jambi, pelaku wisata, media, masyarakat hingga mahasiwa.

Penulis: Teguh Suprayitno
Editor: bandot
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help