Smart Women

GALERI FOTO: Ketika Ucie tak Mau Dinomorduakan

SIAPA yang tidak kenal sosok Raden Ajeng Kartini? Pahlawan nasional asal Jepara ini merupakan sosok perempuan

GALERI FOTO: Ketika Ucie tak Mau Dinomorduakan
TRIBUN JAMBI/ALDINO

TRIBUNJAMBI.COM - SIAPA yang tidak kenal sosok Raden Ajeng Kartini? Pahlawan nasional asal Jepara ini merupakan sosok perempuan insipiratif, tokoh emansipasi yang semangatnya tidak pernah pudar. Apalagi untuk kaum hawa. Mengenal sosoknya menjadi sebuah kewajiban.

Meski raganya sudah dikandung ibu pertiwi, namun semangat dan cita-cita RA Kartini tidak pernah mati.

Semangat pioner pendidikan dan satu diantara tokoh wanita di dunia ini menjadi inspirasi dan tergambar pada sosok Suci Annisa (25).

Anak pertama dari 6 bersaudara menyadari betul perjuangan Kartini agar Perempuan Indonesia mendapat perlakuan dan hak yang sama seperti kaum pria.

"Ucie kenal Kartini waktu SD. Ucie juga hapal lagunya," ungkap anak pertama dari enam bersaudara ini, Kamis (14/4).

Dalam kesehariannya, Ucie berharap bisa menjadi sosok Kartini, setidaknya bagi empat adik perempuan kesayangannya. Presenter andalan salah satu televisi lokal swasta di Jambi ini berharap mampu menjadi inspirasi bagi adik-adiknya.

"Suci terus memberi motivasi ke mereka agar mau semangat belajar, tidak gampang menyerah dan jangan mau diinjak-injak oleh cowok," sebutnya.

Sosok Kartini bagi Ucie sangatlah berjasa karena tanpanya perempuan Indonesia akan terus dijajah dan dinomorduakan. Meski demikian disadarinya, diskriminasi terhadap perempuan sampai saat ini tidak pernah hilang.

Maka pribadi perempuanlah yang diharapkan dapat kuat melawan kerasnya budaya menomorduakan kaum hawa. Tidak hanya oleh kaum adam bahkan terkadang sesama perempuan sendiri sekarang ada yang saling melemahkan.

"Intimidasi terhadap perempuan sampai sekarang masih sering ditemukan. Makanya diperlukan Kartini-kartini modern yang harus tetap kuat mengembangkan kemampuan Dia. Jangan mau kalah sama cowok. Harus kejar prestasi setinggi apapun tanpa harus menjatuhkan orang lain," pungkasnya.

Penulis: rida
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved