TribunJambi/

Ingin Mengenal Jenis Ikan Jambi, Datang Saja ke Sini

Berbagai jenis ikan langka di Jambi seperti Jambi Silver Arwana yang tak kalah cantik dengan arwana Kalimantan

Ingin Mengenal Jenis Ikan Jambi, Datang Saja ke Sini
TRIBUNJAMBI/TEGUH SUPRAYITNO
Budidaya ikan asli Jambi di BPBAT Sungai Gelam 

Laporan Wartawan Tribun Teguh Suprayitno

TRIBUNJAMBI.COM - Jika Kalimantan punya arwana super red (sclerophages super red), Jambi juga punya arwana yang tak kalah cantik dengan sisik perak mengkilat kehijauan, Jambi Silver Arwana (sclerophages formosus).

Di Indonesia ikan arwana digunakan sebagai ikan hias. Warna sisiknya yang mengkilat-kilat saat kena cahaya, memikat banyak penggemar ikan hias.

Praktis banyak orang yang memburu, memperdagangkan, mengoleksi—selain untuk ikan hias juga sebagai simbol status sosial—hingga akhirnya pada 1980, Menteri Pertanian menyatakan arwana sebagai satwa langka.

Wajar jika saat ini Anda sulit menemukan ikan arwana Jambi.

Namun demikian, Anda bisa menjumpainya di kolam Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam (BPBAT)—sebelumnya pada 1994 bernama Loka Budidaya Air Tawar Jambi, kemudian berubah menjadi Balai Budidaya Air Tawar Jambi pada 2001, dan tahun 2014 jadi Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Sungai Gelam.

“Warnanya itu silver tapi kehijau-hijaun, kalau di Kalimantan-kan warnanya merah,” kata Janu Dwi Kristianto, Plt di BPBAT Sungai Gelam.

Tempat budidaya ikan air tawar ini berada di jalan Bumi Perkemahan Pramuka, Sungai Gelam, Muaro Jambi, sekitar 23 kilometer dari pusat kota Jambi. Kesana, Anda bisa gunakan sepeda motor ataupun mobil.

BPBAT Sungai Gelam mulai melakukan penangkaran dengan teknologi rekayasa ikan arwana sejak 1999.

Halaman
123
Penulis: Teguh Suprayitno
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help