Travelling

Si Danau Ranau, Pesona Kembaran Danau Toba

KALAU di Sumatera Utara ada Danau Toba, di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ada Danau Ranau.

Si Danau Ranau, Pesona Kembaran Danau Toba
SETIA BUDI

TRIBUNJAMBI.COM - KALAU di Sumatera Utara ada Danau Toba, di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ada Danau Ranau. Ya, Danau Ranau adalah danau terbesar kedua Pulau Sumatera.

Danau ini terletak di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Provinsi Sumatera Selatan dan sebagian masuk wilayah Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung. Danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar. Karena itu, secara geografis topografi, Danau Ranau adalah perbukitan yang berlembah.

Tidak heran jika di kawasan danau ini cuacanya sangat sejuk.

Tepat di tengah danau, terdapat pulau yang bernama Pulau Marisa. Di sana terdapat sumber air panas yang sering digunakan para penduduk setempat atau pun para wisatawan yang datang untuk bersenang-senang.Tak hanya itu, di sana juga terdapat air terjun, dan penginapan.

Danau ini menjadi objek wisata andalan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan dengan tipelogi daerah perbukitan. Di kabupaten ini, Danau Ranau menempati sebagian wilayah Kecamatan Banding Agung, Buay Pematang Ribu Ranau Tengah (BPRRT) dan Kecamatan Warkuk Ranau Selatan.

Dari Kota Muaradua yang menjadi ibukota Kabupaten OKU Selatan, danau ini hanya berjarak sekitar 55 Kilometer (Km). Jika menggunakan transportasi jalur darat, waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Sedangkan dari Palembang, butuh waktu sekitar 9 jam perjalanan menggunakan mobil.

Cantiknya Pulau Marisa

Di kawasan Danau Ranau terdapat beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi. Salah satunya Pulau Marisa yang terletak di tengah-tengah danau.
Jika ingin ke pulau ini, di dermaga Banding Agung dan dermaga Pusri telah tersedia prahu motor dengan harga tiket yang cukup terjangkau.

Pulau itu berdekatan dengan lokasi tempat pemandian sumber air panas yang mengandung belerang. Masyarakat setempat percaya, mandi di sana bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, terutama penyakit kulit.

Setelah berkunjung ke Pulau Marisa, wisatawan bisa menikmati pemandangan indah di sekitar danau. Di sana Anda akan melihat hamparan sawah luas yang menghijau dan berhektare-hektare kebun kopi milik warga setempat.

Halaman
12
Editor: fifi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help