Danau Depati Empat Keindahan Maha Karya dari Sang Pencipta

Selain hutan hujan tropis yang lebat, air jernih, dan banyak ragam ikan, keindahan danau Depati

Danau Depati Empat Keindahan Maha Karya dari Sang Pencipta
Foto Komunitas Bumi Merangin
Suasana di Danau Depati Empat, di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat di wilyah Kabupaten Merangin. 

Laporan Wartawan Tribun Teguh Suprayitno

TRIBUNNEWS.COM, JAMBI - Bukan hanya Semeru, Dieng atau Rinjani di Lombok yang punya danau indah di ketinggian, Jambi juga punya.

Selain Danau Gunung Tujuh dan Danau Kaco, Jambi punya Danau Depati Empat. Danau di Kabupaten Merangin ini berada pada ketinggian 1,200 meter di atas permukaan laut, terbayang bagaimana indahnya dan tenangnya di sana.

Danau Depati Empat membentang seluas 271 hektare di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Letaknya di sebelah barat daya Kota Bangko, pusat ibu kota Kabupaten Merangin.

Berada dalam kawasan konservasi, membuat Danau Depati Empat selalu terpelihara alami. Pandangan kawasan perbukitan TNKS ikut berikan nuansa asri dan ketenangan.

Selain hutan hujan tropis yang lebat, air jernih, dan banyak ragam ikan, keindahan danau Depati semakin jelas dengan keberadaan yaitu bukit Pandan dan bukit Pandan Bungsu yang mengapitnya.

Sejak dahulu, masyarakat di sekitar danau banyak datang ke danau Depati Empat untuk mancing dan menjala ikan. Hasil tangkapan masyarakat itu kemudian di keringkan dan di jual ke pasar, terkadang ke desa-desa tetangga.

Kebiasaan ini dikenal masyarakat dengan istilah krasak.

Masyarakat sekitar danau, selalu menjaga kearifan lokal saat mereka memancin dan jala ikan. Hingga kini mereka masih menggunakan alat sederhana, seperti rakit bambu dan biduk (perahu) untuk menangkap ikan di danau.

Halaman
12
Penulis: Teguh Suprayitno
Editor: bandot
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help