TribunJambi/

Kerangka Dinosaurus yang "Imut" Ditemukan

Ukuran dari kerangka ini memiliki panjang hampir 5 kaki,

MEMILIKI sepasang bola mata yang besar, dengan tatapan muka polos seperti anak kucing membuat Chamosaurus telihat sangat menggemaskan.

Kata Dinosaurus apabila diterjemahkan kira-kira akan menjadi 'kadal yang mengerikan.' Nama ini juga sesuai dengan bagaimana wujud aslinya. Dinosaurus benar-benar adalah seekor kadal yang mengerikan, karena mereka terlihat tidak seperti kadal pada umumnya. Hal ini jelas terlihat ketika kita melihat pada ukuran tubuhnya, gigi dan keganasannya jelas terlihat dari beberapa jenis dinosaurus yang sudah diketahui.

Namun, ada beberapa spesies dari dinosaurus yang tidak hanya menghabiskan waktu lebih dari 180 juta tahun terus menerus untuk menikam, menggigit, mencakar satu sama lain. Ada beberapa spesies dari mereka yang terlihat benar-benar menggemaskan.

Pada tahun 2010, bersama dengan Alberta Red Deer River, ahli paleontologi menmukan beberapa bagian dari tengkorak yang mengintip keluar dari batuan kapur. Penggalian terus dilakukan dan kemudian mengungkapkan semakin banyak tulang, terus bertambah hingga kerangka ini hampir lengkap, dalam keadaan utuh, terdapat lapiran kulit pada tulang rusuk dan cincin halus tulang yang merupakan rumus dalam mengungkap mata dinosaurus. Setelah kerangka ini dibersihkan, Phil Currie dan rekannya meneliti dan kemudian menjelaskanbahwa kerangka ini merupakan kerangka bayi dari Chasmosaurus terkecil dan paling lengkap dari bayi ceratopsid yang belum ditemukan.

Beberapa bagian dari tubuh hewan ini telah hilang pada 75 miliyar tahun lalu . Forelimbs dan punggung dari bayi ini kemungkinan telah jatuh ke dalam jurang sebelum penemuan dan bagian ujung ekor dari dinosaurus lucu ini sudah terputus.

Ukuran dari kerangka ini memiliki panjang hampir 5 kaki, dari rincian yang diberikan oleh Currie dan koleganya menunjukkan kerangka ini memiliki tekstur khas dengan tulang anak muda , bagian dari tulang dari dinosaurus ini tidak sepenuhnya menyatu dan memiliki ukuran tengkorak yangbesar dan frill (jumbai-jumbai) yang belum tumbuh keluar dan disebut dengan epiossifications. Semua hal yang ditemukan disini membuat satu dinosaurus kecil ini sangat menggemaskan.

Bagi para ahli paleontologi pada zaman dahulu, penemuan seperti ini terkadang disebut dengan bayi ceratopsids sebagai spesies kerdil, seperti 'Brachyceratops'. Namun ketika Currie dan rekan menempatkan semua bayi Chasmosaurus untuk mengetahui hubunganya dengan dinosaurus lain, dan bayi ini termasuk kedalam cerastopsid primitif. Namun ketika mereka memaparkan semua karasteristik yang telah dikenal untuk mengetahui usia dari hewan ini, bayi ini berada di saat yang sama dengan Chasmosaurus. Singkatnya , masih harus diketahui lebih lanjut berapa usia dinosaurus ini dan untuk memastikan secara akurat ada berapa banyak dinosaurus ini.

Currie dan rekan-rekannya akan terus mempelajari lebih banyak lagi tentang bayi dinosaurus ini selama bertahun-tahun. (Nisrina Darnila/Brian Switek/nationalgographic.com)

Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help