Travelling

Keindahan Geopark dan Fosil 350 Juta Tahun di Merangin

Tidak lengkap rasanya berkunjung ke Kabupaten Merangin tanpa menginjakan kaki di taman bumi

Keindahan Geopark dan Fosil 350 Juta Tahun di Merangin
TRIBUN JAMBI/HERUPITRA

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Tidak lengkap rasanya berkunjung ke Kabupaten Merangin tanpa menginjakan kaki di taman bumi (Geopark) Kabupaten Merangin. Pecinta wisata alam bisa melihat langsung fosil flora yang berumur hampir 350 juta tahun.

Kawasan Geopark terletak di Desa Air Batu dan Dusun Baru, Kecamatan Renah Pemberap, Kabupaten Merangin. Wilayah itu saat ini menjadi perhatian pemkab Setempat. Menjadi catatan, setelah tidak lolos menjadi warisan dunia pada 2014 lalu, Geopark Merangin kembali akan dinilai UNESCO untuk mendapat pengakuan dunia pada 2016 mendatang.

Untuk sampai ke tempat ini, hanya butuh waktu sekira satu jam. Tidak perlu cemas, untuk sampai kesana Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Merangin, Jangci Moza, menuturkan, saat ini pembangunan jalan aspal sedang dilakukan, menggunakan dana Pemprov Jambi.

"Kita sedang melakukan pembenahan, Alhamdulillah jembatan dan jalan sedang dibangun di lokasi tersebut," jelasnya.

Geopark merupakan situs bersejarah warisan dunia. Bebatuan tua yang terhampar di sepanjang sungai, fosil-fosil tumbuhan dan pepohonan di pinggiran sungai, menjadikannya objek wisata alam dan wisata sejarah eksotis.

Sungai deras juga menjadi lokasi arung jeram yang menantang adrenalin. Bahkan, beberapa kali lokasi ini dijadikan tempat perlombaan arung jeram tingkat internasional. "Beberapa kali kita telah sukses mengelar perlombaan arung jeram di sini," sebutnya.

Geopark Merangin telah menarik banyak peneliti mancanegara datang, dari Eropa, Amerika, Malaysia bahkan Jepang. "Jadi pengjunjung bersama keluarga dapat menikmati keindahan alam di sekitar Geopark Merangin. Menikmati olahraga Arung Jeram atau hanya sekedar melihat koleksi fosil tumbuhan," tuturnya.

Situs Geopark Merangin merupakan pecahan lempeng daratan tertua di dunia yang berada di Cina. Jenis bebatuan ini mirip dan bahkan berusia hampir sama dengan bebatuan yang ada di situs bersejarah di Cina. Di sini ditemukan banyak fosil tumbuhan, mulai dari tumbuhan paku, dikotil, monokotil. Selain itu juga ditemukan fosil ikan, kerang, serangga dan lain-lain.

Penulis: heru
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help