Travelling

Lima Danau Lima Sensasi di Merangin Jambi

Ketika Anda berada di sini, tentu sayang melewatkan satu saja wisata alamnya. Ada lima danau

Lima Danau Lima Sensasi di Merangin Jambi
TRIBUN JAMBI/HERUPITRA

TRIBUNJAMBI.COM - Ketika Anda berada di sini, tentu sayang melewatkan satu saja wisata alamnya. Ada lima danau yang masing-masing menawarkan sensasi berbeda.

MEMANG wisata alam di Merangin tak kalah dengan Kerinci. Bagi Anda yang penyuka wisata air, bisa mengunjungi danau di kaki Gunung Masurai yang berketinggian 2.935 meter dari permukaan laut (mdpl). Anda bisa memilih menyusuri Danau Pauh yang paling terkenal, Danau Depati Empat, Danau Tinggi, Danau Kecil, atau Dana Kumbang.

Pesona wisata wilayah yang diapit deretan Bukit Barisan ini bersuhu cukup dingin dibanding daerah lain di Jambi. Ada tiga kecamatan di ketinggian mdpl berbeda-beda, menyuguhkan keelokan alam luar biasa, yaitu Jangkat, Lembah Masurai dan Sungai Tenang.

Danau Pauh

Nah, supaya tidak penasaran silakan menelusuri wilayah yang disebut Luhak 16 ini. Terdapat danau alam, air terjun, air panas (geyser).

Danau yang paling terkenal adalah Danau Pauh. Letaknya di Dusun Danau Pauh, Desa Pulau Tengah, Kecamatan Jangkat, 90 Km dari Kota Bangko. Ini merupakan magnet wisata terkuat Kabupaten Merangin, karena setiap momen tertentu semisal Lebaran, ribuan orang berdatangan ke sini.

Untuk mencapainya cukup mudah. Kondisi jalan yang sudah mulus dari Bangko, memudahkan kendaraan roda empat sampai di pinggir danau. Wisatawan pun lebih mudah berkeliling. Nah di danau ini, tersedia sejenis perahu bermesin. "Jika ingin mencari keringat di tengah dinginnya alam danau, juga ada pilihan lain berupa rakit bambu," kata Zurman.

Danau Depati Empat di Jangkat, Merangin

Lain lagi sensasi yang ditawarkan Danau Depati Empat. Danau yang oleh warga setempat disebut Danau Gedang ini luasnya sekira delapan kali Danau Pauh ini. Terletak di Desa Rantau Kermas, Kecamatan Jangkat, sekira 12 Km dari Danau Pauh. Untuk menuju desa yang masuk dalam Marga Serampas ini, bisa dicapai menggunakan kendaraan roda empat.

Halaman
12
Penulis: heru
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help