Pernak pernik Ramadan

HKK Muarojambi Buka Bersama untuk Melepas Rindu di Rantau

Warga rantauan paling banyak merindukan bisa berpuasa sambil berkumpul dengan sanak saudara

HKK Muarojambi Buka Bersama untuk Melepas Rindu di Rantau
TRIBUN JAMBI/ANDI PRIMA PUTRA

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Andi Prima Putra

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Warga rantauan paling banyak merindukan bisa berpuasa sambil berkumpul dengan sanak saudara di daerah asalnya.

Namun, mereka yang terpaksa tidak bisa pulang kampung mencari cara lain agar bisa melepas rindu dengan saudara sepenanggungan.

Nah, satu cara yang lazim dilakukan selama ini, adalah dengan menggelar acara berbuka bersama, antar sesama saudara satu kampung. Inilah yang dilakukan salah satu pagayuban Himpunan Keluarga Kerinci (HKK) di Muaro Jambi.

Senin (6/7), sore, puluhan warga Kerinci yang menetap di Muaro Jambi menggelar bukbar di salah satu rumah warga kerinci, kawasan Mendalo, Muaro Jambi.

Ketua HKK Muaro Jambi, Ulil Ambri hadir memberi semangat. Kepada Tribun dia menyebutkan acara ini menjadi tradisi tahunan selama dia memimpin HKK di Muaro Jambi.

"Kita rindu dengan saudara-saudara di Kerinci. Tapi tidak bisa pulang di bulan Ramadan. Nah, di sinilah (bukbar) inilah yang bisa mengobati rindu kami. Sambil berbicara dengan bahasa kerinci, bercanda dengan handai tolan warga Kerinci yang ada di Muaro Jambi," ucapnya.

Baginya, bukanlah menu makanan atau besarnya acara yang diselenggarakan. Tapi, lebih kepada pelepas rindu saat bisa bertemu puluhan warga yang senasib.

"Kalau sudah ketemu, banyak hal yang kita perbincangkan. Suasana keakraban cukup terasa sekali," jelasnya.
Menurutnya, di Muaro Jambi, warga asal Kerinci cukup lah banyak. Jumlah yang terdata hingga 2015 ini, ada sekitar 15 ribuan warga yang tersebar di 11 kecamatan yang ada di Muaro Jambi.

"Bukan kita mau mengotak-kotak. Pagayuban ini, dibentuk hanya untuk ajang silaturrahmi. Jumlah itu, harus kita bina, dan menjadi tanggung jawab bersama dalam berbagai hal,"ucapnya.

"Selama ini, kami tetap seilun salimbai, seiyo sekato. Intinya, kebersamaan yang menjadikan kami selama ini menjadi kuat," sebut pria yang kini menjabat Kepala Dinas Pendidikan Muaro Jambi itu.

Tidak hanya memperhatikan dan mengayomi saudara-saudara sekampung di Muaro Jambi saja. HKK kata Ulil, juga ingin berkontribusi untuk daerah asal, yakni Kerinci.

"Apa yang bisa kita beri masukan, untuk kemajuan Kerinci, selama ini tetap kita jalankan,"tukasnya.

Penulis: Andi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help