Kamis, 27 November 2014
Tribun Jambi

Taman Rimba Belum Standar Kebun Binatang

Rabu, 2 Juli 2014 13:45 WIB

Taman Rimba Belum Standar Kebun Binatang
TRIBUNJAMBI/WAHYU JATI KUSUMA
Pengunjung taman rimba

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Jaka HB

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Menurut Peraturan Menteri Kehutanan, kebun binatang mempunyai lahan minimal 15 hektare, jika kurang sampai minimal 2 hektar termasuk konsep taman satwa. Dikhawatirkan kebun binatang taman rimba tak termasuk konsep pertama karena merasa lahannya berkurang dari 15 hektare karena jalan airport baru.

"Di dalam denah, jalannya lurus. Tapi di lapangan jalannya patah dan mengambil lahan kami," kata Adrianis.

Awalnya pemprov memberikan tanah tepat di sungai yang berada di sebelah kanan jalan depan bunbin yamg mengarah ke gapura gading. "Desainnya sudah jadi dan uangnya juga sudah turun. Namun harus dikembalikan karena ternyata lokasi tersebut ingin dipakai untuk akses bandara," ungkap Adrianis.

Desain pertama pun berbeda dengan jalan sekarang. Awalnya direncanakan membelah kebun binatang yang ada sekarang, namun hal tersebut otomatis mengundang banyak protes termasuk dari Taman Rimba.

Akhirnya dipindahkanlah ke samping Taman Rimba yang kemudian menerjang kandang harimau. Inilah yang sebabkan kandang Uni dan Ayu harus pindah.

Lahan untuk Taman Rimba kemudian dipindhkan ke sebelah kiri, masih dalam kawasan Eks-MTQ. Mereka diberikan sekitar 6,6 ha, namun karena jalan akses bandara itu geser jadi berkurang dan membuat Taman Rimba tak memenuhi standar kementerian yaitu 15ha.

Ia sudah berkoordinasi dengan PU namun kenyataan yang dilihatnya di luar kesepakatan.

Tetap Sinulingga, Kasi perencanaan Bina marga PU Provinsi mengatakan denah yang ada mungkin tak sesuai dengan skala. Ia mengatakan PU selalu koordinasi dengan pihak Bappeda, kebun binatang (bunbin) dan Angkasa Pura II.

Ia menambahkan bahwa ada kemungkinan diadakan rapat lagi dengan Angkasa Pura. Karena beberapa kali memang konsep international airport ini berubah, seperti salah satunya parkir bandara.

Penulis: Jaka Hendra Baittri
Editor: fifi

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas