TribunJambi/

Jelang Ramadan

MUI Imbau Warga Jambi Hati-hati Belanja Daging

TRIBUNJAMBI.COM - RA Muthalib, Direktur LPPOM MUI Provinsi Jambi menyatakan, Jambi yang dikatakan penduduknya 90 persen muslim,

MUI Imbau Warga Jambi Hati-hati Belanja Daging
TRIBUN JAMBI/DEDY_NURDIN

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - RA Muthalib, Direktur LPPOM MUI Provinsi Jambi menyatakan, Jambi yang dikatakan penduduknya 90 persen muslim, wajib mendapatkan makanan yang halal dan pihak produsen juga harus bertanggungjawab penuh.

 Ia menambahkan masyarakat juga perlu mengetahui bagaimana daging yang bagus. "Kalau mau beli daging segar yang warnanya merah cerah. Dilihat seperti basah tapi kalau dipegang nggak basah," ungkapnya.

 Diakuinya saat ini memang ada kabar terkait adanya daging oplosan, untuk itu diimbau agar masyarakat berhati-hati dalam berbelanja.
Hasbi Assiddiqi, Komisi Fatwa MUI mengatakan dari pantauan mereka hari ini semua memenuhi standar.

 Sementara itu, minimnya pasokan kebutuhan daging lokal membuat masuknya daging dari daerah lain. Hal ini biasanya berupa daging beku. Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jambi, Akhdiyat, mengimbau masyarakat tak perlu mengkhawatirkan adanya daging sapi yang beredar sudah dibekukan. Menurutnya, daging yang beredar di pasaran yang berasal dari Jakarta cenderung memiliki kualitas baik.

 "Bukan berarti yang di Jambi tidak baik, tetapi biasanya sapi tersebut dipotong sesuai prosedur, dan prosedur penyimpanan beku itu baik, karena terhindar dari udara terbuka," paparnya sekaligus menyatakan akan menghimbau pedagang menyimpan daging dagangannya di tempat penyimpanan khusus.

 "Masyarakat perlu diedukasi, agar tak terlalu panik keberadaan daging beku, karena memang prosedur pemotongan tersebut baik selagi berasal dari pemotongan yang legal, kami juga akan giatkan pantau kondisi pasar," pungkasnya. 

Penulis: Dedy Nurdin
Editor: rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help