TribunJambi/

Jelang Ramadan

Kebutuhan Daging Sapi untuk Kota Jambi 45 Ekor Perhari

TRIBUNJAMBI.COM - Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jambi, Akhdiyat memaparkan kebutuhan daging di Kota Jambi 45 ekor perhari

Kebutuhan Daging Sapi untuk Kota Jambi 45 Ekor Perhari
NET
Ilustrasi pasar ternak 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Dedy Nurdin

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Terkait terjadinya lonjakan kebutuhan daging, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jambi, Akhdiyat memaparkan, kebutuhan daging sapi masyarakat kota Jambi jelang ramadan mencapai 45 ekor sapi setiap harinya.

Kebutuhan tersebut nantinya akan mengalami kestabilan selama bulan ramadan yang diperkirakan berkisar 25 hingga 27 ekor sapi perhari. Menurutnya permintaan daging sapi akan meroket ketika menjelang Idul Fitri, yakni mencapai angka 130 ekor sapi.

 "Baru rapat undang pedagang, sosialisasikan mengenai persediaan selama puasa hingga lebaran, agar tetap sewajarnya mematok harga, paling tinggi 130 ribu per kilo,"kata Akhdiyat ketika dihubungi via telepon.

 Sementara itu, di lapangan, Kamis pagi Dinas Peternakan mengadakan pemantauan daging di Pasar Angso Duo dan pusat perbelanjaan. "Kita memantau daging di pasar karena permintaan meningkat menjelang bulan puasa ini, sekaligus melakukan pengawasan terhadap peredarannya," kata Abd Haris, selaku Kabid Kesehatan di Dinas Peternakan (Disnak) Provinsi Jambi.

 Ia menuturkan bahwa ada dua tim yang diterjunkan. "Tim saya tugasnya memantau di Pasar Angso Duo dan Hypermart, sedang yang lain ke Pasar Aur Duri, Pasar Keluarga dan Pasar di Jambi Timur,"katanya. Ikut serta dari Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan serta dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

 Pantauan ini meliputi pemeriksaan dan pemantauan peredaran Pangan Asal Hewan (PAH) khususnya daging terkait dengan data daerah asal dan jumlah pangan asal hewan dan pemeriksaan fisik. Selain itu juga pengambilan sampel untuk uji laboratorium dan penerapan pembinaan higienitas sanitasi.

Penulis: Dedy Nurdin
Editor: rahimin
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help