Habibi Terpesona Duplikat Candi Muaro Jambi di Nepal

TRIBUNJAMBI.COM - Tak ada sejarah yang berdiri sendiri. Begitu juga kekayaan sejarah Jambi

Habibi Terpesona Duplikat Candi Muaro Jambi di Nepal
TRIBUNJAMBI/MUHLISIN
Fahman di komplek percandian Lumbini, Nepal. Sebuah komplek percandian yang begitu mirip dengan percandian Muaro Jambi. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Muhlisin

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Tak ada sejarah yang berdiri sendiri. Begitu juga kekayaan sejarah Jambi, terbukti terikat begitu kuat dengan fakta sejarah di beberap negara lain.

 Argumen itu dikatakan Fahman Habibi, Sekretaris Jenderal DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Kepada Tribun, putra kelahiran Muara Madras, 7 Agustus 1983 ini mengaku menemukan bukti sejarah itu di negara Republik Nepal.

 Bukti keterkaitan sejarah itu ditemukan Pimen--sapaannya---saat berkunjung ke Nepal. Kunjungannya ini dalam rangka menjadi pembicara International Youth Conference, 19-26 Januari lalu.

 "Bentuk candi di Lumbini hampir sama persis dengan yang ada di percandian Muaro Jambi. Seperti duplikatnya saja. Kalau sekedar lihat foto, orang akan menduga itu salah satu bangunan candi Muaro Jambi," ujarnya, Jumat (31/1) lalu.

 Pimen yang kini mahasiswa pasca sarjana Universitas Muhammaiyah Prof Dr Hamka mengatakan, Lumbini berada di distrik Kapilavastu. Salah satu dataran rendah di Nepal. Di tempat inilah Siddharta Gautama atau Sang Budha, 563 sampai dengan 483 SM.

 Seperti bangunan di percandian Muaro Jambi, bangunan terbuat dari batu bara merah. Susunanannya berbentuk juga berundak-undak. Begitu juga sisinya, yakni persegi empat dengan ukuran yang persis sama di semua sisinya.

 "Luas kawasannya sekitar 12 hektar. Tapi sekitarnya sudah dimodernisasi, banyak dibangun kuil-kuil dengan beragam bentuk dari berbagai negara," ujarnya lagi.

 Pimen merasa ada kebanggaan tersendiri ketika bersama peserta konferensi internasional dari negara lain, berkunjung ke Lumbini. Kesempatan itu pula ia gunakan mempromosikan candi Muaro Jambi. Itu diakuinya membuat delegasi mancanegara merasa penasaran bukti tingginya peradaban Jambi di masa lalu itu.

 Di antara pelajaran penting yang ia ambil, adalah tingginya perhatian Nepal terhadap warisan sejarah. Contohnya adalah Monkey Temple dan Durbar Square, peninggalan kerajaan Nepal yang kini sudah menjadi situs warisan dunia.

Halaman
12
Penulis: muhlisin
Editor: rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help