• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 19 April 2014
Tribun Jambi

KPK Periksa Pejabat Dinkes Terkait Dugaan Korupsi Alkes

Jumat, 8 November 2013 22:32 WIB

TRIBUNJAMBI.COM, KUNINGAN - Komisi Pemberantasan Korupsi meminta keterangan sejumlah pejabat Dinas Kesehatan Banten terkait penyelidikan kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan di Banten.

"Terkait dengan penyelidikan Alkes Banten, hari ini ada permintaan keterangan atas nama Kepala Dinas Kesehatan Banten Jaja Budi, pegawai Dinkes Banten Ferga Andriana, Indra dan Ridwan Arif," kata Juru Bicara Johan Budi di Jakarta, Jumat.

Permintaan keterangan tersebut, menurut Johan, dilakukan di gedung KPK.

KPK sebelumnya juga sudah meminta keterangan sejumlah pihak terkait penyelidikan ini di Serang, Banten sejak akhir Oktober 2013.

Badan Pemeriksa Keuangan setidaknya menemukan tiga indikasi penyimpangan dalam pengadaan alat kesehatan di Banten yang mencapai Rp 30 miliar.

Ketiga penyimpangan itu adalah alat kesehatan tidak lengkap sebesar Rp 5,7 miliar; alat kesehatan tidak sesuai spesifikasi sebesar Rp 6,3 miliar dan alat kesehatan tidak ada saat pemeriksaan fisik senilai Rp 18,1 miliar.

Selain penyelidikan alkes Banten, saat ini KPK juga menyelidiki dugaan korupsi pengadaan alkes di Tangerang Selatan yang masuk dalam provinsi Banten.

Menurut data Tangerang Public Transparency Watch (Truth) berdasarkan perhitungan kerugian keuangan daerah oleh Badan Pemeriksa Keuangan terjadi penyimpangan Rp 575,18 juta di bawah kepemimpinan Kepala Dinas Kesehatan Tangsel Dadang M. Epid.

Kerugian pada 2010 itu terdiri atas kelebihan pembayaran atas pelaksanaan kegiatan pembangunan Puskesmas di Pakulonan, Pisangan, Pondok Benda, Serua, Pondok Pucung dan Pondok Ranji; kekurangann volume atas pelaksanaan pekerjaan pembangunan rumah sakit umum daerah dan pemahaman harga atas pekerjaan pengadaan komputer "notebook" dengan total Rp 259,15 juta.

Editor: ridwan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
354942 articles 5 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas