• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 25 April 2014
Tribun Jambi

Pemegang Jampersal Dipungut Biaya

Selasa, 17 September 2013 13:17 WIB
Pemegang Jampersal Dipungut Biaya
TRIBUNJAMBI/KURNIA PRASTOWO ADI
Ilustrasi

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Awang Azhari

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL -  Pelayanan persalinan terhadap masyarakat tidak mampu di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dipertanyakan, pasalnya warga miskin yang memegang Jampersal (jaminan persalinan), ternyata masih juga dipungut biaya.

Seorang warga, Ucok, kepada Tribun mengatakan, beberapa waktu lalu, kerabatnya yang akan melahirkan di Puskesmas Betara, namun ternyata puskesmas setempat tidak sanggup, dan mengajukan rujukan ke RSUD.

Dalam proses rujukan, kepada warga miskin itu pihak puskesmas meminta biaya transportasi, sebesar Rp 200 ribu, dengan alasan itu aturan.

Ucok yang memahami kondisi ekonomi pasien mempertanyakan dan mengkritisi biaya untuk pemegang Jampersal itu ke pihak puskesmas. "Tapi mereka (puskesmas) bersikukuh bilang itu aturan, jadi saya yang bayarkan, karena memang mereka (pemegang jampersal) tidak mampu. Saya faham ekonominya, untuk makan saja sulit," katanya.

Namun seperti sadar bahwa pihak puskesmas telah bertindak di luar kewenangan, keesokan harinya  uang itu dikembalikan kepada Ucok. "Mereka tidak memberi alasan, mengapa uang itu dikembalikan, tau-tau besoknya dikembalikan" jelasnya.

Praktik komersialisasi ini, dikhawatirkan telah dilakukan pihak dari kesehatan kepada banyak warga miskin lainnya. Beberapa unsur masyarakat sangat menyesalkan hal itu.

Ketua lembaga swadaya masyarakat (LSM) Rappi, Erham, menjelaskan bahwa mereka yang menggunakan Jampersal, Jamkesda atau Jamkesmas serta SKTM sudah dipastikan tidak mampu secara ekonomi.

Dan jika memang puskesmas tidak mampu melayani, untuk kemudian di rujuk ke rumah sakit, kepada pemegang kartu jaminan tidak perlu dipinta uang. "Kalau mereka punya uang tidak perlu mereka pakai kartu jaminan ini," terangnya.

Bagaimana pihak dinas kesehatan menanggapi hal ini? Simak Koran Tribun Jambi, Tribun Jambi Digital dan E-Paper Tribun Jambi edisi Rabu (18/9) besok.

Penulis: awang
Editor: fifi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
319012 articles 5 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas