• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribun Jambi

Kembangkan Padi Jenis Inpara di Tanjab Timur

Sabtu, 14 September 2013 09:49 WIB

Laporan wartawan Tribun Bandot
TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi mengembangkan padi jenis inpara 3 di lahan seluas 165 ha di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Jenis padi ini cocok ditanam di wilayah pasang surut seperti sebagian besar wilayah Tanjab Timur.

"Kita buat lab lapangan di Kabupaten Tanjab Timur dengan lahan seluas 165 ha yakni kita tanam dengan inpara 3 ," kata Kepala BPTP Jambi Endrizal, Jumat kemarin.

Menurutnya penggunaan padi jenis ini cocok dikembangkan di sebagian besar provinsi Jambi, "Petugas kita sudah sosialisasikan kepada para petani untuk penggunaan inpara 3," ucapnya.
Ini satu di antara upaya untuk mencapai target yang diminta oleh gubernur Jambi di tahun 2015 Jambi bisa menghasilkan 1 juta ton padi. Sekarang ini bilang Endrizal Jambi baru mampu menghasilkan 684 ribu ton padi selama setahun.

BPTP dan juga dari Dinas Pertanian Provinsi dan juga SKPD terkait memiliki tugas untuk memenuhi target tersebut.  "Kita akan berusaha untuk mencapainya, tapi saya belum bisa pstikan apakah bisa tercapai, tapi paling tidak meningkat hingga 900 ribu ton," imbuhnya. "Untuk mencapai target tersebut kita menggunakan sistem modeling," sebutnya. Bisa saja menurutnya dengan adanya perbaikan infrastruktur irigasi dan juga penambahan areal produksi padi di Provinsi Jambi bisa mencapai target tersebut.

"Misalnya sekarang kondisi IP nya, irigasinya, luas areal mudah-mudahan dengan kerjasama yang baik antar SKPD dengan data yang akurat dan keterlibatan semua mulai dari PU, BMKG," ujarnya.

BPTP menurutnya juga sudah melakukan antisipasi adanya perubahan iklim yang mengakibatkan terjadinya perubahan pola tanam bagi para petani. "Kita sudah melakukan antisipasi terutama dengan adanya perubahan iklim. untuk antisipasi itu bikin katam atau kalender tanam terpandu," katanya.

Penulis: bandot
Editor: ridwan
Sumber: Tribun Jambi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas