Jumat, 31 Juli 2015

Pasca Pilkada Kerinci 5 Tim Sepakat Gugat KPU

Kamis, 12 September 2013 08:36

Laporan wartawan Tribun Edi Januar
TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Lima tim Calon Bupati Kerinci sepakat akan menggugat KPU dan hasil Pemilukada Kerinci ke Makamah Konstitusi.

Kesepakatan ini terbentuk setelah pertemuan ke 5 tim sukses calon bupati dan wakil bupati Kerinci di antaranya tim Adi Rozal-Zainal, Rahman-Nopantri, Irmanto-Idrus, Sukman-Sartoni, dan Dasra-Mardin.

Pertemuan tersebut berlangsung Rabu (11/9) mulai pukul 13.00-17.00, di Simpang Belui di rumah Emil Peria, Ketua Tim Sukses Rahman. Dalam pertemuan selama 4 jam tersebut, terbentuk kesepakatan menggugat KPU dan hasil Pilkada ke MK.

Emil Peria dalam pertemuan tersebut mengatakan, gugatan itu akan dilayangkan selain gugatan yang sudah berjalan seperti DKKP Ami Taher, dan gugatan PTUN dengan gugatan banding Emil Peria ke PTUN Medan.
Gugatan lainnya akan dilakukan ke MK, seperti hasil rekapitulasi Pemilihan Bupati Kerinci 8 September 2013.

Dalam pertemuan itu, kelima tim sepakat akan membongkar dugaan kecurangan sistemik, terstruktur dan masif dalam pemilihan Bupati Kerinci.

Menurut Emil, sejak KPU Kerinci mulai dari tahapan pemilukada hingga pelaksanaan pencoblosan, banyak sekali kecurangan. Salah satunya sudah terbukti yakni dengan dipecatnya 5 komisioner KPU karena terbukti melanggar kode etik.

Ia mencontohkan seperti penetapan yang ilegal dimana Ketua KPU belum memiliki hak dan wewenang dalam melakukan penetapan tahapan pemilukada, sebab Ketua KPU Kerinci saat itu belum di-SK-kan.

Halaman12
Penulis: edijanuar
Editor: ridwan
Sumber: Tribun Jambi
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas