A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Sudah Bikin Sepuluh Cerpen dari Diary - Tribun Jambi
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 30 Juli 2014
Tribun Jambi

Sudah Bikin Sepuluh Cerpen dari Diary

Sabtu, 15 Juni 2013 23:33 WIB
Sudah Bikin Sepuluh Cerpen dari Diary
TRIBUNJAMBI/ALDINO
TRIBUNJAMBI.COM - MASIH ingat betul diingatan Rifa, saat ia pertama kali menorehkan sebuah karya tulis. Bermula dari sebuah brosur seminar menulis yang disodorkan seorang teman kepadanya. Waktu itu Rifa masih kelas dua SD, bahkan ia belum tahu apa maksud kata 'seminar menulis' yang tertera dalam brosur itu. Lomba bagus-bagusan atau rapi-rapian menulis kah? Begitulah, memori yang terekam dan tersampaikan dari gadis bernama lengkap Faildzah Rifa Adrifia ini saat menceritakan pengalaman pertama menulisnya kepada Tribun, akhir pekan lalu.

Siapa sangka, selang tiga tahun dari saat itu, siswi yang saat ini duduk di kelas V SDIT Nurul Ilmi ini telah menjadi penulis cilik nasional. Sedikitnya sepuluh cerpen berhasil ia buat, dan beberapa diantaranya telah diterbitkan dalam sebuah buku berjudul Kecil-Kecil Punya Karya yang berisi karya penulis cilik dari seluruh Indonesia. Tahun lalu ia terpilih menjadi perwakilan penulis cilik dari Jambi untuk mengikuti Komunitas Penulis Cilik Indonesia, di usianya yang belum genap 10 tahun saat itu.

"Waktu kelas dua, Rifa mendapat sebuah brosur yang katanya untuk mengikuti seminar menulis. Karena waktu itu Rifa belum tahu apa yang dimaksud dengan menulis, karena penasaran Rifa ikuti deh," kenang gadis kelahiran 20 Oktober 2002 ini.

Ketika naik ke kelas tiga, ia bertemu dengan Tata, siswa satu angkatan di sekolahnya. Waktu itu Tata merupakan siswa baru di sekolahnya, namun bagi Rifa, ia sudah mengenal Tata sebelumnya yakni ketika sama-sama mengikuti seminar menulis. Bersama di sekolah membuat keduanya semakin akrab, dan akhirnya Rifa tahu bahwa Tata merupakan putri dari Yanti, yang tak lain adalah penyelenggara seminar menulis yang pernah ia ikuti. Yanti memiliki sanggar belajar bernama Evergreen dan sejak masuk sanggar itu, kesukaan Rifa terhadap baca tulis semakin meningkat.

Ditanya ide cerita, penyuka hamburger ini mengaku bisa terinspirasi dari mana saja, mulai kejadian sehari-hari hingga sebatas imajinasinya. Bahkan Rifa berhasil membuat cerpen dari diary yang ia tulis. Baginya, menulis tak hanya menyenangkan, namun juga melegakan karena biasanya yang ia tulis merupakan curahan perasaannya. Banyak curhat yang sempat ia tuliskan di diary, dan saat ini tulisan-tulisan dalam diary itu ia jadikan sebagai inspirasi. Tidak sepanjang waktu ide tersebut muncul, Rifa mengaku juga mengalami titik jenuh ketika menulis.

"Kalau mood nya lagi buruk Rifa berhenti menulis dan memilih membaca buku cerita untuk refreshing atau mencari ide dan juga mungkin bisa jalan-jalan dan nonton bioskop. Pokoknya kegiatan yang menghibur deh. Setelah itu biasanya Rifa semangat lagi buat kembali menulis cerita," papar putri pasangan Ferri Dwi Ardiansah dan Badriyati Fitri ini.

Menulis secara tak langsung turut menambah wawasan, karena banyak buku yang ia baca sebagai acuan. Selain itu ia juga banyak bertemu teman baru yang memiliki hobi yang sama, salah satunya Jihan.

Tak kalah jago dengan Rifa, Jihan juga telah memiliki beberapa koleksi karyanya yakni Miracle of Liana dan Always In Heart. Ia juga pernah meraih juara I lomba menulis tingkat SD yang saat itu diadakan PTPN VI. Jihan mulai suka menulis sejak kelas 3 SD gara-gara menang lomba cerpen mading yang diadakan sekolahnya. Tak berbeda jauh dengan Rifa, Jihan mengaku menyukai tulis menulis karena dapat menuangkan ide dan imajinasi kepada orang lain melalui tulisan.

"Jadi bukan hanya kita yang bisa menikmatinya. Selain itu membaca kan sumber ilmu. Awalnya butuh waktu enam bulan untuk menyelesaikan karya pertama, namun ketika tulisan yang kedua kurang dari sebulan sudah jadi," papar putri kedua Yanuar Fitri dan Nurul Yestarina Rahmi ini. (wahid nurdin)


-- BIODATA RIFA --
Nama            : Fildzah Rifa Adrifia
Panggilan        : Rifa
Tempat, Tanggal lahir    : Jambi, 20 Oktober 2002
Orang Tua        : Ferri Dwi Ardiansah dan Badriyati Fitri
Hobi            : Membaca, menulis cerpen, main laptop dan memasak
Makanan fave        : Hamburger
Tokoh fave        : JK Rowling, Endy Blyton
Motto            : Jangan mudah menyerah untuk menulis. Karena orang yang berhasil
              adalah orang yang pantang menyerah
Prestasi        :
- Juara I lomba menulis DAR Mizan tema "Aku dan Orang tuaku"
- Peserta Komunitas Penulis Cilik Indonesia (KPCI) 2012



-- BIODATA JIHAN --
Nama            : Jihan Ramadhani
Panggilan        : Jihan
Tempat, Tanggal lahir    : Jambi, 4 Desember 2000
Orang Tua        : Yanuar Fitri dan Nurul Yestarina Rahmi
Hobi            : Menulis dan membaca cerita
Makanan fave        : Mie dan nasi goreng
Tokoh fave        : Sri Izzati
Motto            : Bakat itu bukan untuk dipendam, melainkan untuk dikemukakan
Prestasi        :
-    Juara I lomba menulis tingkat SD di PTPN VI
-    Penulis Miracle of Liana
-    Penulis Always In Heart    
Penulis: wahid
Editor: fifi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas