• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Tribun Jambi

Jembatan Senilai Rp 35 M Beroperasi Awal Mei

Kamis, 28 Maret 2013 20:39 WIB
Jembatan Senilai Rp 35 M Beroperasi Awal Mei
TRIBUNJAMBI/EDI JANUAR
Inilah jembatan yang pengerjaanya menelan dana Rp 35 miliar
Laporan Wartawan Tribun Jambi, Edi Januar

TRIBUNJAMBI.COM, SUNGAIPENUH – Jembatan dengan kontruksi cakar ayam, dibangun menggunakan dana APBN sebesar Rp 35 miliar, diperkirakan mulai beroperasi awal Mei mendatang.

 
 Jembatan ini dibangun untuk menghubungkan Kecamatan Tanah Kampung dengan Kecamatan Sungaipenuh.
 
 Menurut Wali Kota Sungaipenuh, H Asafri Jaya Bakri, Tanah Kampung dengan Kecamatan Sungaipenuh, merupakan daerah rawa. Daerah ini selalu menjadi langanan banjir. "Kita perkirakan paling lambat Mei sudah diresmikan," ujarnya.
 
 Selain itu, untuk keselamatan lalu lintas, penggunaan jembatan tersebut perlu dibatasi. Nantinya dibuat peraturan daerah, sehingga jembatan ini bertahan lebih lama. 
 
 "Saat ini tim SKPD kita tengah menggodok perda yang nantinya akan dibahas bersama DPRD," ujar AJB. 
 
 Hal yang sama disampaikan Kepala Dishubmimfo Kota Sungaipenuh, Palgunadi. Menurutnya, rancangan peraturan daerah tentang tonase kendaraan yang diperbolehkan melintas, tinggal menunggu sidang gabungan dan pengesahan di DPRD Sungaipenuh. 
 
 Pemkot Sungaipenuh juga memprogramkan pembangunan dua pos retribusi pada pintu masuk, dan keluar jembatan yang memiliki panjang 800 meter ini.
   
 "Sebelum digunakan, pos penjagaan telah dibangun. Untuk pembangunannya, mungkin dianggarkan pada Dinas PU. Sebab pada 2013 ini kita tidak anggaran untuk pembangunan pos ini," kata Palgunadi.
   
 Nantinya, pos yang dibangun jadi sumber pendapatan asli daerah. "Selain diikat dengan perda tonase, pos ini juga dipergunakan untuk peningkatan PAD sektor retribusi," ujarnya. 
 
 Soal pembangunan pos penjagaan, Kadis PU Sungaipenuh, Marsal, melalui Kabid Cipta Karya, Yuliandi, menyatakan kesiapannya dalam membangun pos penjagaan sebelum Mei 2013 ini.
 
 "Terkait lokasi dan tempat pembangunannya, tadi kita telah koordinasi dengan dinas perhubungan. Setelah itu kita akan turun lapangan untuk mengukur lokasi dan kita siap membangun pos ini," ujarnya. 
 
 Soal anggaran pembangunannya, Yuliandi, menyebutkan tidak ada masalah. Yang jelas pembangunannya selesai sebelum peresmian penggunaannya. "Kita akan bangun sebesar 3x4 meter. Masalah anggarannya bisa diajukan pada APBD-P," katanya lagi. 



Penulis: edijanuar
Editor: rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
210372 articles 5 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas