• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribun Jambi

Merebut Posisi BH 1 AZ, FAS Bukan Pejabat

Selasa, 19 Maret 2013 10:00 WIB
Merebut Posisi BH 1 AZ, FAS Bukan Pejabat
TRIBUNJAMBI/HANIF BURHANIF
Pasangan FAS saat mau mendaftar ke KPU Kota Jambi, Minggu (17/3)
Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rahimin

TRIBUNJAMBI.COM - Pertarungan para kandidat calon kepala daerah Kota Jambi sudah dimulai. Tercatat empat pasangan calon kepala daerah yang akan bertarung pada Pilwako Kota Jambi. Mereka sudah mendaftar ke KPU Kota Jambi, sebagai penyelenggara pilwako ini. 
 
 Empat pasangan itu, yakni M Sum Indra dan dr Maulana (SIMPATIK), Effendi Hatta dan Asnawi AB (FENA), H Sy Fasha dan Abdullah Sani (FAS), pasangan terakhir dr Bambang Priyanto dan Yeri Muthalib. 
 
 Pasangan SIMPATIK menjadi yang pertama mendaftar, pada Jumat (15/3). Esok harinya, Sabtu (16/3) pasangan FENA yang mendaftar. Pasangan FAS mengambil momen mendaftar pada Minggu (17/3). Terakhir pasangan Bambang Priyanto dan Yeri Muthalib yang mendaftar pada hari terakhir pendaftaran, Senin (18/3). 
 
 Empat pasangan ini akan merebut posisi BH 1 AZ dan BH 5 AZ, yang sekarang dipegang Bambang Priyanto dan M Sum Indra. Pilwako 2013 ini akan menentukan siapa yang layak untuk memimpin Kota Jambi lima tahun ke depan, 2013-2018. 
 
 Pasangan SIMPATIK, didukung lima partai politik yakni PAN, PBR, PKPB, PBB, dan PDK. Total persentase perolehan suara sah 46.600 suara sah (20,08%), dan/atau persentase perolehan kursi DPRD Kota Jambi semuanya 7 kursi (15,56%).
 
 Pasangan FENA, didukung Partai Demokrat dan Partai Hanura. Total suara sah hasil pemilu 2009 yakni 61.170 (26,36%) dan/atau 14 kursi DPRD Kota Jambi (31,11%).
 
 Pasangan FAS didukung tujuh parpol, yakni Partai Golkar, PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrasi Pembaruan (PDP), Partai Barnas dan Partai Indonesia Sejahtera (PIS), dan PDS. Dengan total Suara Sah Hasil Pemilu Tahun 2009 yakni 71.538 (30,83%) dan/atau 16 Kursi DPRD Kota Jambi (35,56%) 
 
 Pasangan Bambang Priyanto dan Yeri Muthalib didukung dua parpol, yakni PKS dan PKB. Total persentase dari perolehan kursi pemilu 2009 yakni 15,56% (7 kursi).
 
 Semuanya berasal dari berbagai kalangan. Contohnya pasangan SIMPATIK, Sum Indra dan Maulana berasal dari birokrat. Sum tercatat masih sebagai Wakil Wali Kota Jambi. Maulana dulunya dulunya merupakan kepala bidang di Dinkes Kota Jambi, masuk dalam kabinet Bambang-Sum.
 
 Sedangkan pasangan FENA, Effendi Hatta berasal dari legislatif--Ketua DPRD Provinsi Jambi--, dan Asnawi AB dari birokrat. Sekarang masih tercatat sebagai Kepala Satpol PP Provinsi Jambi. 
 
 Pasangan FAS yang beda. Fasha berlatar belakang seorang pengusaha, dan Abdullah Sani hanya sebagai dosen di IAIN, penceramah. Nah, pasangan Bambang dan Yeri merupakan dua perpaduan. Bambang dari birokrat--Sekarang Wali Kota Jambi---, dan Yeri tercatat seorang legislator, anggota DPRD Provinsi Jambi. 
 
 Semua kandidat yang mendaftar ini, rata- rata berjanji akan membawa perubahan di Kota Jambi. Nah, kita sebagai warga Kota Jambi memang butuh perubahan. Kita tunggu saja apa perubahan-perubahan yang bakal dilakukan empat pasangan ini. 
 
 Tentunya mereka punya visi dan misi andalan untuk membangun Kota Jambi. Sejauh mana visi dan misi itu bisa membuat ratusan ribu masyarakat Kota Jambi untuk memilih empat pasangan ini. 
 
 Tidak mudah memang memilih terbaik dari yang terbaik. Dari empat pasangan ini tentunya masyarakat bisa memilih, siapa yang pantas untuk dijadikan pimpinan. So, ingat jangan salah pilih pemimpin pada 19 Juni 2013 ini. 

Penulis: rahimin
Editor: rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas