Selasa, 23 Desember 2014
Tribun Jambi

Pelantikan Kepala Desa Limau Manis Ricuh

Selasa, 5 Maret 2013 09:45 WIB

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Edi Januar

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Pelantikan Kepala Desa Limau Manis Pulau Tengah, Kecamatan Keliling Danau, Kerinci, Senin (4/3), berakhir ricuh. 
 
 Soalnya, kades yang kalah saat pemilihan meminta Bupati Kerinci Murasman membatalkan pelantikan tersebut.
 
 Ratusan warga turun ke jalan saat rombongan muspida sampai di desa itu. Bahkan iring-iringan kendaraan kesulitan sampai ke lokasi pelantikan, karena terhalang warga yang tidak bersedia ada pelantikan kades. 
 
 "Kita sangat menyayangkan adanya pelanggaran yang dilakukan kades terpilih, yang memenangkan pilkades dengan menggunakan uang," ujar Maryono, calon kades yang kalah dalam pemilihan.
 
 Diakuinya, mulai dari panitia pemilihan, sampai ke camat sudah dikondisikan kades terpilih tersebut. "Kita minta kepada Bupati Kerinci untuk membatalkan pelantikan kades terpilih. Perda harus ditegakkan," katanya.
 
 Ia mengaku, sebenarnya Bupati Kerinci sudah membentuk tim untuk menangani persoalan pilkades ini. Sayangnya, tim yang dibentuk cenderung membela kades terpilih tersebut. Sehingga pelantikan tetap dilakukan.
 
 "Sesuai peraturan daerah, bupati bisa membatalkan pelantikan kades, jika dalam penyelenggaraan pilkades ada masalah. Kalah menang soal biasa, yang penting dalam pelaksanaan pilkadesnya berjalan sportif," ujarnya.

Penulis: edijanuar
Editor: rahimin
Sumber: Tribun Jambi

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas