PTPN VI Hitung Untung Rugi Bangun Tangki CPO

TRIBUNJAMBI.COM - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VI, dengan wilayah operasi Sumbar dan Jambi, berencana membangun tangki penimbunan CPO

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Hendri Dede Putra

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VI, dengan wilayah operasi Sumbar dan Jambi, berencana membangun tangki penimbunan CPO. PTPN menggandeng PT Pelindo dengan lokasi pembangunan di kawasan Talang Duku, dan seberang Sungai Batanghari. 

 Nantinya tangki menampung CPO produksi PTPN dan petani sawit. Tangki timbun baru dimaksudkan, selain mempermudah proses bongkar muat CPO. Juga bertujuan efisiensi waktu karena selama ini tangki yang ada belum maksimal menampung sewaktu pasokan CPO melimpah. Penambahan akan menguntungkan pengusaha dan petani sawit. 

 "(Namun) ini butuh proses dan memakan waktu cukup lama. Kita sedang menghitung apa kira-kira untung ruginya. Kalau terkait biaya (pembuatan) sebenarnya tidak masalah karena kita BUMN," ungkap Benny Soebagia, Sekretaris PTPN VI Jambi, Sabtu (12/1). 

 Tahap pertama, pembangunan direncanakan sebanyak 10 tangki. Dengan kapasitas tampung 200 ribu ton lebih tandan buah segar (TBS). Sehingga nantinya kata Benny, tidak ada lagi sistem kuota TBS. 

 "Pembangunan tangki timbun ini menggunakan sistem sewa. Makanya, kita akan pelajari dulu," jelas Benny yang juga menjabat Ketua Pelaksana Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Jambi.  


Penulis: hendri dede
Editor: rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help