Kombinasi M16 dan AK-47

Ini Dia Kelebihan SS2 Pindad

JAKARTA - Staf Desain Produk PT Pindad, Windu Paramarta menjelaskan kelebihan senjata andalan Pindad, Senapan Serbu 2 (SS2),


TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA -
Staf Desain Produk PT Pindad, Windu Paramarta menjelaskan kelebihan senjata andalan Pindad, Senapan Serbu 2 (SS2), salah satunya memiliki ketahanan dalam air.

Menurut Windu, ketahanan dalam air yang ada pada SS2 tersrbut mengambil keuntungan dari senjata-senjata milik negara lain, seperti M16 yang fleksibel dan AK-47 yang memiliki ketahanan di segala medan.

"Senjata yang kami produksi menggunakan dengan mekanisme kombinasi dengan M16 dan AK-47," ujar Windu kepada Tribun di Pameran Indo Defence 2012 yang digelar di Kemayoran, Jakarta, Jumat (9/11/2012).

Windu menjelaskan, SS2 baik di segala varian, seperti V1,V2,V4HB dan V5 mengadopsi keakuratan seperti yang ada pada M16 dan M4. Apalagi, lanjut Windu, SS2 disesuaikan dengan penggunanya, yakni TNI.

"Dibilang jauh kualitasnya juga tidak. Senjata itu dlihat dari akurasi dengn memudahan pemakai. Kami buat dengan ergonomi manusia Indonesia," ucap Windu.

Untuk ketahanan, tutur Windu, SS2 mengikuti model seperti AK-47, yang memiliki ruang gas buang di dalam tubuh SS2 ini, sehingga tidak mengganggu keluarnya peluru dari mulut senjata yang tertutup lumpur atau air.

"Jadi air atau lumpur tidak bikin macet. Paling tembakan pertama itu pelurunya untuk bersihin lumpur yang masuk ke moncong," ucap Windu.

Dengan kelebihan yang diadopsi dari dua senjata tersebut, maka SS merupakan senjata yang pas digunakan oleh TNI di iklim Indonesia yang tropis.

Karena kelebihannya itu, SS2 pun diminati sejumlah negara, seperti Irak, Iran, Uganda, Kongo, dan Arab Saudi yang dinilai merupakan pasar potensial penjualan senjata andalan Indonesia tersebut. (*)

Editor: esotribun
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved