TribunJambi/

Wabah Hepatitis di Kota Jambi

Hepatitis Menular karena Tidak Bersih

TRIBUNJAMBI.COM - Menurut Dr Hengky Indradjaja, pengamat kesehatan, pen yakit hepatitis penyakit menular.

Hepatitis Menular karena Tidak Bersih
net
Laporan Wartawan Tribun Jambi, Muhlisin

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Menurut Dr Hengky Indradjaja, pengamat kesehatan, pen yakit hepatitis penyakit menular. Namun menularnya penyakit ini melalui proses tertentu yang sangat erat kaitannya dengan tingkat kebersihan. Baik kebersihan diri maupun lingkungan.
 
 Jika penyakit ini menjangkiti beberapa orang di sebuah lingkungan, di sekolah misalnya, besar kemungkinan lingkungannya tidak sehat. Yang paling besar kemungkinannya adalah dari makanan yang tidak sehat. Bisa jadi dari warung di sekitar sekolah yang menjadi tempat jajan anak-anak. 

 Atau bisa jadi juga ada pihak lain yang tangannya dalam kondisi tidak steril, menyentuh makanan, yang kemudian dibeli dan dimakan orang lainnya, sehingga terjangkit.

 Penyakit hepatitis menular dari cairan tubuh manusia. Namun demikian, bukan berarti bersentuhan dengan orang yang mengidap penyakit ini akan langsung tertular, tidak demikian.

 Meskipun bersentuhan atau bergaul dengan pengidap penyakit hepatitis, namun belum tentu bisa tertular. Akan tertular apabila yang pengidap, misalnya buang air besar atau buang air kecil, dan kemudian tangannya tidak dicuci dengan baik. 

 Melalui inilah penyakitnya bisa menular dengan cepat. Intinya adalah harus bersih, baik diri, lingkungan, dan terutama makanan. Karena itulah sangat dianjurkan mencuci tangan dengan sabun. Karena apabila tidak dicuci dengan sabun, bisa jadi masih banyak bibit penyakit yang tertinggal di tangan pasca beraktifitas. 

Penulis: muhlisin
Editor: rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help