Senin, 22 Desember 2014
Tribun Jambi

Buaya Sinyulong Penghuni Baru Taman Rimbo Jambi

Jumat, 19 Oktober 2012 11:27 WIB


Laporan wartawan tribun Jambi Wahid
TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Koleksi buaya di kebun binatang Taman Rimba bertambah. Buaya tersebut merupakan pemberian Ali Baba, warga desa Sungai Buhur, Kecamatan Kumpeh Ilir, Kabupaten Muaro Jambi yang berhasil menangkap buaya tersebut ketika membersihkan pekarangan rumahnya, Rabu pekan lalu.

Sebelum diserahkan ke Taman Rimba, buaya tersebut sempat diamankan di rumah warga beberapa hari. Ali dan warga akhirnya melaporkan temuannya tersebut ke Zoological Society of London (ZSL) Jambi.

Difasilitasi ZSL Jambi, Ali Baba secara suka rela menyerahkan buaya tersebut kepada BKSDA Jambi, Kamis (18/10) siang. BKSDA langsung menyerahkan buaya ke pihak Taman Rimba sore kemarin. Sartono, anggota polhut BKSDA menyerahkan buaya kepada Dani Sanbe, Kasi Konservasi kebun binatang Taman Rimbo.

Sartono, ketika dikonfirmasi menyampaikan bahwa kondisi buaya cukup sehat. Diperkirakan buaya ini belum mencapai usia satu tahun melihat ukurannya yang masih kecil, yakni 114 cm. "Kalau perkiraan kita usianya sekitar delapan bulan," katanya.

Dikatakan Sartono, buaya tersebut masuk dalam jenis buaya Sinyulong, satu dari jenis buaya yang bisa ditemui di Sumatera. Dalam ukuran dewasa, buaya jenis ini dapat memiliki ukuran hingga empat meter dengan berat ratusan kilogram.

Penulis: wahid
Editor: ridwan
Sumber: Tribun Jambi

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas