• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 20 September 2014
Tribun Jambi

Dasril: Dana Bansos Harus Punya Kriteria

Selasa, 12 Juni 2012 17:34 WIB
TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dana bantuan sosial (bansos) rawan diselewengkan. Bahkan di beberapa daerah sudah menjadi kasus hukum yang menyeret beberapa petinggi daerah.
 
Terkait hal ini, pengamat pemerintahan Dasril Rajab mengatakan, perlu regulasi atau aturan yang lebih jelas terkait dana bansos. Ia menyebutkan, seharusnya dirumuskan kriteria khusus yang berhak menerima dana bansos.
 
"Penggunaannya tidak hanya untuk bencana alam, boleh juga untuk publik. Kriteria penting agar jelas peruntukannya," ujar Dasril, Selasa (12/6).
 
Ia mengatakan, setidaknya ada beberapa pihak yang laik mengajukan permohonan bantuan dana bansos. Selain orang yang terkena bencana, juga organisasi massa. Selain itu juga orang terlantar yang butuh pertolongan.
 
Kriteria khusus penerima bansos menurutnya sangat penting. Selain mengurangi kemungkinan penyalahgunaan, juga agar tidak terjadi pilih kasih. Hanya orang-orang yang mempunyai akses ke pejabat tertentu yang bisa mendapatkan.
 
"Layak tidaK layaknya ya ditentukan berdasarkan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan sebelumnya," ujarnya lagi.
 
Menurutnya, regulasi untuk menentukan kriteria tersebut, bisa dituangkan dalam bentuk peraturan kepala daerah. Jika dana provinsi, bisa dengan peraturan gubernur. Begitu juga dengan kabupaten dan kota.
 
Hanya saja Dasril Rajab mengatakan sulit untuk membuktikan jika selama ini dana bansos kerap digunakan sebagai `gula-gula- perhelatan politik. Hanya saja ia tidak menampik kemungkinan tersebut yang menurutnya sangat mungkin terjadi.
 
Jika benar dana bansos digunakan dalam kepentingan politik pemilukada, maka kandidat incumbenlah yang paling mungkin melakukannya. Hal itu karena pengelolaan keuangan daerah berada langsung di bawah kendali kepala daerah.
 
Ke depan, pengelolaan dana bansos akan sedikit berubah dari biasanya. Dana bansos akan dianggarkan lansung dengan detil penggunaannya. Pada saat penganggaran dana bansos akan lansung disebutkan pihak mana yang akan menjadi penerima dana tersebut.
Penulis: muhlisin
Editor: fifi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
72231 articles 5 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas