• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Tribun Jambi

Puluhan Pejabat Kerinci Tersandung Korupsi

Jumat, 4 Mei 2012 01:30 WIB
Puluhan Pejabat Kerinci Tersandung Korupsi
NET
Ilustrasi
Laporan Wartawan Tribun Jambi, Edi Januar

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Puluhan pejabat dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Kerinci, terlibat dalam kasus korupsi, sehingga menjadi salah satu penyebab lambatnya pertumbuhan perekonomian dan pembangunan di bumi segepal tanah surga yang tercampak ke bumi ini.
Data dari berbagai sumber yang berhasil dihimpun Tribun, pelaku yang terlibat korupsi terbanyak dari kalangan pejabat berasal dari kalangan anggota DPRD Kerinci. Baru-baru ini muncul nama Munir SE dan Adi Muklis, yang tersandung kasus korupsi dana Bansos tahun 2008.
Munir sendiri sudah menjalani penahanan di Rumah tahanan (rutan), Sungaipenuh, setelah divonis pengadilan selama empat tahun penjara. Sedangkan rekannya Adi Muklis segera menyusul, setelah kasasinya dinyatakan ditolak.
Sebelumnya terdapat beberapa nama dari kalangan DPRD Kerinci lainnya, yang kabarnya mencapai 28 orang terlbat korupsi berjamaah pada tahun 2003 lalu. Sebut saja, Mat Ramawi, Mat Sadri, Feri Siswadi, Firmansyah dan Aminudin. Bahkan beberapa rekan mereka yang juga berasal dari anggota DPRD, yakni Sawir, dan Hadijah, dan beberapa orang lainnya, belum diketahui keberadaannya.
Di samping itu juga ada nama Nasrul Kadir, yang tersandung kasus gaji ganda. Sementara H Kahar, yang sudah menjalani penahanan karena tersandung kasus korupsi tahun 2003 lalu, belakangan kasasinya diterima oleh MA, dan dinyatakan tidak bersalah. Dan masih ada nama anggota dewan lainnya, yang sampai saat ini kasasinya belum turun.
Dari kalangan eksekutif, juga terdapat beberapa nama yang ikut tersandung kasus korupsi. Yakni Syamsurijal yang saat ini sedang menunggu turunnya kasasi, Syukur Kela Brajo yang sudah selesai menjalani penahanan.
Baru-baru ini juga sudah dilakukan penahanan terhadap pelaku korupsi lainnya, yakni mantan orang nomor satu di Kerinci yang menjabat selama dua priode, yakni H Fauzi Siin, yang Selasa lalu sudah dilakukan eksekusi ke Rutan Sungaipenuh.
Selain itu, ada juga nama pejabat penting lainnya, yang menjabat sebagai asisten di Pemkab Kerinci, yakni Ir Hasani, yang tersandung kasus korupsi saat masih menjabat sebagai Kadis Kehutanan dan Perkebunan. Kabarnya dalam waktu dekat segera ditahan, karena berkas perkaranya sudah dilimpahkan.
 
Penulis: edijanuar
Editor: fifi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
68797 articles 5 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas