• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 30 Oktober 2014
Tribun Jambi

4 Sensasi Perubahan Payudara Saat Hamil

Jumat, 20 April 2012 10:37 WIB
4 Sensasi Perubahan Payudara Saat Hamil
Net
Tes Kehamilan


TRIBUNJAMBI.COM -
Ketika kehamilan terjadi, payudara memang cenderung menjadi lebih besar dan Anda sudah lama mengetahui hal ini. Tetapi kok, muncul juga sensasi baru pada payudara ketika distimulasi? Mengapa puting payudara juga terlihat lebih gelap dari biasanya? Normalkah semua hal ini? Nah, temukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut dari Jeanne Faulkner, RN, pakar kehamilan dan kontributor di sejumlah media, serta penulis buku The Complete Illustrated Guide to Childbirth.

Saya jadi lebih sering orgasme ketika suami menstimulasi payudara. Apakah ini normal?
Selama kehamilan, payudara memang menjadi lebih besar, lebih sensitif, dan peredaran darah terjadi lebih sering daripada sebelumnya. Jika sebelum hamil Anda tidak sering mengalami sexual pleasure, setelah hamil Anda akan mudah merasakan sensasi yang ditimbulkan oleh stimulasi yang diberikan. Boleh dibilang, inilah salah satu bonus dengan menjadi hamil. Nggak adil kan, kalau saat hamil Anda hanya merasakan bagian-bagian kurang menyenangkan saja, seperti mual dan mendapat stretch mark?

Jika suami menstimulasi payudara saya saat sedang hamil, apakah ASI akan terbentuk lebih cepat?
Kemungkinan tidak, tetapi jika pun payudara Anda mengeluarkan sedikit cairan saat hamil, hal itu bukan masalah. Kebanyakan perempuan akan mengeluarkan colostrum (cairan bening dari puting payudara) ketika sedang hamil. Colostrum bukan cairan yang sama yang diproduksi payudara ketika Anda menyusui, melainkan cairan yang diproduksi kelenjar susu pada masa akhir kehamilan, sebelum kelenjar tersebut memproduksi ASI. Selama Anda merasa nyaman saat distimulasi, hal ini boleh-boleh saja dilakukan.

Payudara saya terasa sangat sensitif, sampai terasa sakit ketika tersentuh pakaian. Normalkah?
Payudara yang terasa super sensitif sebenarnya normal saja. Jika bra atau atasan yang Anda kenakan terasa menyakiti payudara Anda, boleh saja Anda melepasnya (selama tidak ada orang lain yang memprotesnya). Namun lebih baik jika Anda mencari bra dan baju atasan dengan bahan yang lembut. Hindari bra dari bahan lace atau bahan lain yang membuat gatal. Sports bra tanpa jahitan mungkin bisa jadi pilihan.

Mengapa puting payudara menjadi lebih gelap?
Warna areola yang lebih gelap merupakan bagian dari perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh untuk menyiapkan fase menyusui. Bayi yang baru lahir tidak dapat memfokuskan matanya dengan baik, dan mereka membutuhkan warna yang kontras untuk menemukan puting payudara ibunya. Itu sebabnya warna puting payudara menjadi lebih gelap, untuk mempermudah bayi menemukannya! Kemungkinan besar, puting payudara akan kembali ke warnanya yang normal setelah fase menyusui berlalu.
(Fit Pregnancy)
Editor: deddy
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas