• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 18 September 2014
Tribun Jambi
Home » Jambi » Bungo

Tes Landing Bandara Bungo Gagal

Senin, 12 Maret 2012 07:39 WIB


TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Uji coba landing Bandara Muara Bungo dengan pesawat foker bermuatan 20 orang, Sabtu (3/3), batal  dilakukan. 
"Penyebabnya di sekitar runway bandara masih ada gundukan tanah," kata Wakil Bupati Bungo, H Mashuri Jumat (9/3) lalu. 
Menurutnya, uji coba landing pesawat tersebut sebenarnya telah dijadwalkan pada, Sabtu (3/3) pekan lalu. Namun karena adanya beberapa persiapan yang belum selesai di sekitar runway, uji coba urung dilakukan.
"Seharusnya hari Sabtu lalu memang jadwalnya kita uji coba landing, tapi masih ada yang harus diselesaikan," kata Mashuri.
Katanya, kesiapan yang dimaksud adalah masih belum ratanya tebing di sekitar landasan pacu pesawat. Sehingga sebelum dilakukan uji coba landing, gundukan tanah tersebut harus diratakan terlebih dahulu.
Mashuri mengatakan, pesawat yang akan lending tersebut sebenarnya telah terbang di seputaran Bandara Muara Bungo ini. Namun karena masih ada gundukan tanah yang ada di sekitar bandara membuat pihak dari pusat tak berani mengizinkan untuk melakukan tes landing. "Pusat minta tanah di kiri kanannya diratakan dulu, setelah itu baru diuji coba," ungkapnya.
Untuk meratakan tanah tersebut tambah Mashuri, tender sudah dilakukan dan diperkirakan akan segera selesai.  "Tinggal memindahkan saja, setelah itu baru bisa uji coba lagi," paparnya.
Kata Wabup, Pemkab Bungo telah melakukan kerjasama dengan salah satu maskapai penerbangan di Bengkulu untuk melakukan uji coba tersebut. Pesawat yang akan melakukan tes landing nanti adalah pesawat Foker yang bermuatan 20 orang.
"Panjang runway yang telah siap itu 1.350 meter, jadi untuk ukuran pesawat Foker memang sudah sangat siap," kata Mashuri. 
Pemkab Bungo memastikan akan langsung membuka rute penerbangan Bung-Jambi dan Jambi-Bungo setelah dilakukan tes landing. Rute baru direncanakan mulai dibuka akhir 2012 ini.
"Setelah tes sekali, langsung dibuka penerbangan dari Jambi-Bungo dan sebaliknya," kata Wabup Bungo Mashuri.
Katanya, untuk penerbangan ini akan dilakukan dua kali seminggu dengan pesawat yang akan terbang adalah Foker muatan 20 orang.
"Tergantung keinginan kita mau sepanjang apa runway itu, yang pastinya untuk pesawat berukuran 20 penumpang sudah cukup. Untuk alat navigasi lainnya akan dibantu oleh maskapai dari Bengkulu," jelasnya. (pit)
Penulis: heru
Editor: deddy
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
64128 articles 5 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas