Jamaah Pulang Lebih Cepat

TRIBUNJAMBI.COM - JEMAAH haji sudah berada di Padang Arafah. Mereka datang dari berbagai negara tumplek hingga menjadi lautan manusia.

Jamaah Pulang Lebih Cepat
TRIBUN JAMBI/JARIYANTO
Ribuan pengantar yang akan melepas keberangkatan kerabat mereka
H Abdul Kadir Husein,
Kakanwil Kemenag Jambi


JEMAAH haji sudah berada di Padang Arafah. Mereka datang dari berbagai negara tumplek hingga menjadi lautan manusia. Masya Allah inilah kebesaran yang maha pencipta. Seluas mata memandang, yang terlihat manusia menyemut. 

 Jemaah asal Provinsi Jambi, khususnya kelompok terbang (kloter) satu Batanghari sudah melaksanakan wukuf, dan sudah menempati tenda-tenda yang disediakan tanpa ada yang melakukan safari wukuf. Di padang Arafah menempati sektor 11 di bagi dalam empat tenda besar. 

 Perlu saya laporkan juga, masing-masing tenda ada yang melaksanakan khotbah wukuf masing-masing dipimpin oleh Khotib dr H Kasful Usman, H Husein Kasim dan H Muslim. Setelah magrib semua jamaah akan menuju ke Muzdalifah.

 Di Muzdalifah bermalam di lapangan padang pasir sampai lewat tengah malam sambil mengambil kerikil 70 butir dan lewat tengah malam barulah ke Mina untuk melakukan pelontaran jamarat.

 Hingga sekarang kondisi kesehatan jamaah Jambi di Mekah, sehat-sehat saja dan belum ada sampai mengganggu aktivitas tahapan-tahapan haji. Meski diakui bahwa, sakit bawaan seperti rematik, jantung, sesak napas, diabetes ringan serta flu dan batuk senantiasa dialami jamaah. Tapi hal itu bisa ditanggulangi melalui layanan kesehatan oleh dokter kloter.

 Jamaah haji jambi kloter satu embarkasi Batam yang memulai berangkat dari Jambi- Batam tanggal 1 Oktober lalu, dipastikan akan pulang ke tanah air lebih cepat. Karena setelah selesai semua tahapan-tahapan haji, jamaah akan pulang ke Mekah lebih cepat satu hari yakni 8 November. 

 Artinya pada 9 November jamaah sudah melakukan penimbangan barang-barangnya. Setelah itu 10 November jamaah sudah ke Jeddah untuk selanjutnya 11 November bersiap- siap terbang ke Batam. Ya, seperti biasa sesampai di Batam bermalam satu hari dan 13 November Insya Allah kami dari kloter satu sudah menjejakkan kaki di kota Jambi. 

 Saya diminta jamaah sekaligus juga mewakili atas nama jamaah haji melalui media Harian Tibun Jambi ini, agar keluarga besar jamaah di Jambi bisa memanjatkan doa selamat bagi kami, supaya sampai dengan aman dan nyaman ke Jambi. (ridwan junaidi)


Penulis: ridwan
Editor: rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved