A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

Makanan Sehat untuk Para Pria - Tribun Jambi
Sabtu, 22 November 2014
Tribun Jambi

Makanan Sehat untuk Para Pria

Selasa, 16 Agustus 2011 19:33 WIB

Makanan Sehat untuk Para Pria
net
Tiram adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin B12.


TRIBUNJAMBI.COM - Pria berbeda dengan wanita, termasuk kebutuhan nutrisinya. Apalagi bila wanita sedang hamil atau menyusui yang membutuhkan nutrisi tertentu untuk mencegah kanker payudara. Pria membutuhkan nutrisi untuk membantu mempertahankan massa otot mereka, mencegah kanker prostat, dan banyak lagi.

Juru bicara dari American Diabetic Association, Christine Gerbstadt, MD, RD, mencatat bahwa makanan yang baik untuk sistem kardiovaskular baik juga untuk fungsi ereksi pada pria.

Nah, ini dia sepuluh makanan yang dapat melawan penyakit dan menjadi awal untuk meningkatkan kesehatan pria.

1. Tiram
Tiram dapat memberikan pasokan salah satu antioksidan yaitu mineral seng. Seng terlibat dalam ratusan proses tubuh, dari memproduksi sel-sel hingga memperbaiki DNA. Seng dapat melindungi sel yang rusak yang mengarah ke kanker prostat. Seng juga meningkatkan fungsi sistem reproduksi dan jumlah sperma.

Namun, hati-hati bila makan tiram mentah. Karena akan meningkatkan risiko bagi mereka yang menderita penyakit jantung, peminum alkohol, dan penyakit kronis seperti diabetes mellitus, rematik, dan ginjal kronis.

2. Pisang
      
Pisang sebagai sumber energi dan kaya akan kalium, yang dibutuhkan untuk mengatur saraf, denyut jantung dan tekanan darah. Diet kaya kalium dan magnesium (juga terkandung pada pisang) dapat mengurangi risiko stroke.

Merupakan sumber vitamin B6, banana juga membantu sistem kekebalan tubuh, membantu sel-sel darah merah, membuat sistem saraf bekerja dengan benar, dan membantu metabolisme protein. Bila Anda tidak suka pisang, jus jeruk, susu, makanan berbahan dasar tomat, dan kacang, merupakan makanan sumber kalium yang lain.

3.Lemak ikan

Lemak ikan merupakan lemak sehat, yang dinamakan asam lemak omega-3. Lemak tak jenuh ganda ini berguna bagi jantung, sirkulasi darah, sistem kekebalan dan mengurangi risiko kanker prostat.

Ikan kaya akan asam lemak  omega-3 antara lain salmon, sardin, tuna, mackerel, ikan herring. Sementara lemak omega-3 yang berasal dari tumbuhan antara lain flaxseed, kacang kenari, kacang kedelai, minyak kanola, dan telur. Lemak ikan juga sumber terbaik dari vitamin D, yang membantu mencegah kanker, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi dan penyakit tulang.

4.Brokoli
Brokoli membantu mencegah penyakit jantung dan kanker. Sayuran ini mengandung vitamin C, beta karoten, kalium, dan fitokimia yang bernama sulforafen, yang bisa memerangi kanker prostat dan kanker kolon. Bila Anda tak suka brokoli, ganti saja dengan kubis, kembang kol, atau kubis Brussels.

5.Kacang Brazilian
Mengandung banyak magnesium dan selenium, antioksidan kuat yang membantu mencegah penyakit jantung dan kanker serta melindungi kesehatan prostat. Selenium membantu menurunkan LDL, si kolesterol jahat dan mengurangi pembekuan darah serta penyakit jantung.

Untuk orang dewasa diperlukan 55 mg selenium setiap harinya, yang bisa didapat dari kacang Brazil, kalkun, ikan tuna atau semua jenis kerang.

6.Biji-bijian
Gandum menyediakan sumber serat, vitamin, mineral, yang baik bagi kesehatan jantung, membentuk otot, dan menjaga lingkar pinggang tetap kecil. Havermout dan jelai kaya akan serat larut, full vitamin B yang membantu kesehatan prostat. 10-25 gram kebutuhan serat larut per hari dari havermout atau sumber serat larut lainnya seperti apel, pir, dan kacang-kacangan.

Untuk menghindari masalah pencernaan karena asupan serat yang tinggi, jangan lupa minum air yang banyak.

7.Stanol
Stanol merupakan zat alami dalam buah-buahan dan sayuran yang telah mampu mengurangi tingkat kolesterol darah yang tinggi. Produksi makanan sekarang sudah menambahkan ekstrak stanol untuk produk-produk seperti mentega, yoghurt, atau jus jeruk. Makan 2 gram stanol per hari dapat membantu penyerapan kolesterol dalam usus.

8. Kacang kedelai
Kedelai kaya akan isoflavon, yang melindungi kesehatan prostat dan mencegah risiko kanker prostat. Makan 25 gram atau sekitar satu ons protein kedelai setiap harinya dapat membantu menurunkan kolesterol dan dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Cobalah untuk makan porsi dalam sehari dari produk kedelai, seperti susu kedelai, keju kedelai, burger vegetarian, tahu atau tempe.


9.Berry atau Cherry
Ungu, biru, dan merah, warna di semua jenis beri dan ceri adalah buah yang menyehatkan. Beri memiliki 4000 senyawa yang berbeda yang bersifat antioksidan seperti vitamin C, jadi pastikan mengonsumsi buah ini yang rendah kalori. Masukkan buah dalam diet  dapat memperlambat penurunan fungsi otak yang terjadi karena penuaan. Blackberries, blueberries, strawberry, raspberries, cranberries, dan ceri dapat meningkatkan fungsi otak dan membuat otak tetap sehat.
 
10. Sayuran berwarna merah/oranye
Vitamin C dan beta karoten adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel kulit yang sehat dan mencegah oksidasi dari matahari. Vitamin C memproduksi kolagen. Beta karoten mengkonversi ke bentuk aktif dari vitamin A, yang membantu memperbaiki sel epitel kulit. Contohnya, paprika merah, wortel, labu kuning, atau kentang.

Sayuran yang kaya nutrisi dapat membantu mengurangi risiko pembesaran prostat. Pria yang mengonsumsi sayuran kaya nutrisi - seperti vitamin C, beta karoten dan kalium -  cenderung jarang terkena pembesaran prostat.
Nah, para lelaki, jangan lupa memasukkan unsur kesepuluh makanan bergizi tadi dalam menu sehari-hari Anda.(intisari)
Editor: deddy
Sumber: Tribunnews

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas