Sabtu, 20 Desember 2014
Tribun Jambi

Orang Jambi Lolos Hakim Agung

Selasa, 2 Agustus 2011 10:51 WIB

Orang Jambi Lolos Hakim Agung
tribunjambi/wahid nurdin
M Yamin Awie
Laporan Wartawan Tribun Jambi, Wahid Nurdin

JAMBI, TRIBUNJAMBI.COM - Ketika mendengar namanya masuk dalam daftar 18 calon hakim agung yang lolos ke babak seleksi di DPR RI, Muhammad Yamin Awie langsung mengucap syukur. Namun dia buru-buru menyatakan belum bisa percaya sepenuhnya atas kabar itu.
 
 "Alhamdulillah kalau memang kabar ini benar. Sebab saya masih antara percaya dan tidak percaya. Saya masih menunggu pengumuman," kata Wakil Kepala Pengadilan Tinggi Agama Jambi, Muhammad Yamin Awie kepada Tribun, Senin (1/8).

 Kemarin, Komisi Yudisial menyerahkan nama-nama calon hakim agung yang lolos seleksi untuk tahap berikutnya kepada DPR. Dari 43 nama terakhir, hanya 18 nama yang dikirim untuk dipilih menjadi 10 hakim agung.

 "Menurut kami, mereka yang paling layak dari berbagai sisi. Hanya 18 orang," kata Ketua Komisi Yudisial Erman Suparman usai menyerahkan nama calon hakim agung kepada Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso di Gedung DPR RI. 

 Menurut Erman, ada beberapa prinsip utama yang diutamakan dalam proses seleksi sejumlah nama ini. Prinsip utama itu yakni persoalan integritas dan kredibilitas. "Di samping aspek keilmuwan juga yang tentunya diutamakan dalam penilaian," kata Erman.

 Priyo Budi Santoso menegaskan bahwa DPR akan berupaya keras memilih orang-orang yang terbaik dari 18 nama yang dikirim. Priyo mengakui bahwa proses seleksi yang dilakukan KY sudah melewati proses ketat.

 "Pimpinan KY tadi sudah memastikan bahwa mekanisme yang telah mereka tempuh sudah sangat ketat. Jadi sudah melalui wawancara, menggunakan tim pakar. Kami juga harus memilih yang terbaik dari nama-nama calon yang sudah disodorkan ini," kata Priyo.

 Dari 18 nama ini, tiga nama kandidat yang ramai diperbincangkan publik, gagal lolos. Tiga nama itu yakni, Sekretaris MA Rum Nessa, Djazimah Muqoddas adik dari Ketua KPK Busyro Muqoddas, dan Cicut Sutiarso, hakim yang pernah menangani perkara Pollycarpus Budihari Priyanto, terpidana pembunuh aktivis HAM Munir.

 Yamin siap mengikuti uji kelayakan dan kepatutan DPR. Dia menunggu undangan tersebut. Sebelum ada kepastian undangan itu, Yamin enggan bicara banyak terkait namanya yang dinyatakan lolos ke 18 besar.

 Selama menjalani ujian tahap satu, dua dan tiga, Yamin mengaku tenang. "Saya sangat bersyukur kepada Allah, berkat hidayah-Nya mulai dari masuk, proses wawancara, dan sesudahnya saya sama sekali tidak merasakan deg-degan. Dan Alhamdulillah, wawancara berjalan lancar," katanya.

 Dikatakannya, selama lebih kurang empat hari, terhitung Minggu (17/7) para kandidat hakim agung menjalani proses ujian tahap tiga. Sebanyak 45 peserta terdiri dari 23 hakim karir dan 23 hakim non karir dihadapkan pada materi ujian tahap tiga yang terdiri dari pembekalan, tes kesehatan, dan wawancara akhir.

Calon Hakim Agung

1. Hj Husnaeni A
2. Andi Samsan Nganro 
3. Made Rawa Aryawan
4. Syafrinaldi
5. Sunarto
6. Rahmi Mulyati
7. Mayjen TNI Burhan Dahlan
8. M Hary Djatmiko
9. Dewi Kania Sugiharti
10. M Daming Sunusi
11. Nurul Elmiyah
12. Heru Mulyono Ilwan
13. T Gayus Lumbuun
14. Suhadi
15. Mohammad Yamin Awie
16. Dudu Duswara Machmudin
17. Taqwaddin
18. Sodikin

Penulis: wahid
Editor: rahimin
Sumber: Tribun Jabar

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas