Bus Listrik dengan Pengisian Baterai Cepat!

DETROIT,TRIBUNJAMBI.COM – Makin mahalnya harga bahan bakar, termasuk diesel atau solar,


Proterra Inc.

Salah satunya adalah Proterra Inc. dari Golden, Colorado, Amerika Serikat. Perusahaan ini dikenal jagoan dalam mendesain dan membuat sistem penggerak listrik, penyimpanan energi, kontrol kendaraan, bus transit dan pengisian cepat untuk kendaraan besar.

Bus Listrik dengan baterai Lithium-Titanate yang bisa diisi lebih cepat




Salah bukti kehebatan perusahaan tersebut, minggu lalu General Motors Venture LLC berani menanamkan 6 juta dolar AS untuk membantu Proterra mengembangkan bus listrik  dengan baterai pengisian cepat.


Biaya Operasional
Menurut, Jeff Granato, Presiden dan CEO Proterra, dengan menggunakan kendaraan listrik,  perusahaan bus transit bisa mengirit biaya sampai 600.000 dolar AS (Rp 517.500.000 ) selama 12 tahun plus biaya perawatan 70.000–90.000 dolar (Rp 60-77 juta). Hal itu disimpulkan berdasarkan biaya operasional untuk mengisi listrik buat  baterai hanya 10 sen per mil dibandingkan satu dolar untuk setiap mil solar.


Kendati demikian, asumsi bos Proterra itu tidak bisa ditelan mentah-mentah oleh pengusaha bus. Pasalnya, harga bus listrik yang masih baru sangat mahal. Sementara itu, Proterra sendiri tidak menyebut harga produknya. Namun para analis atau pengamat otomotif, mengatakan harga mobil listrik dua kali mobil bensin di kelasnya. Contohnya adalah Nissan Leaf dan Chevy Volt.

Halaman
123
Editor: esotribun
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved