Korenda dan KB Cuma-cuma

Korenda. Apa itu Korenda? Korenda tak lain akronim dari Konsolidasi Perencanaan Program dan Anggaran Daerah.

Korenda dan KB Cuma-cuma
ilustrasi/net
Oleh: Ramadani J*

Korenda. Apa itu Korenda? Korenda tak lain akronim dari Konsolidasi Perencanaan Program dan Anggaran Daerah. Inilah yang digelar oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jambi, Senin (30/5) di Golden Harvest Hotel.

Korenda Program Pembangunan Kependudukan dan KB Provinsi Jambi tahun 2011 ini berlangsung selama dua hari. Acara dibuka oleh Kepala BKKBN Provinsi Jambi, Dra Retno Munfaati, MM dan dihadiri oleh 58 orang peserta yang terdiri dari Kepala SKPD KB Kabupaten/Kota, Sekretaris dan Kabid KB dan Pejabat Esselon III, Esselon IV serta Fungsional di Lingkungan BKKBN Provinsi  Jambi.

Panitia, Drs Abdul Latif dalam laporannya menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan persiapan untuk pelaksanaan Koren I di Tingkat Pusat yang dijadwalkan pada minggu ke I bulan Juni. Selain itu Korenda pada tahun ini berbeda dari Korenda sebelumnya yaitu adanya penyusunan perencanaan berbasis kinerja dengan menggunakan Balanced Score Card (BSC) dengan sasaran terukur yang outputnya berupa Kontrak Kinerja Provinsi (KKP).

Ini terkait dengan adanya Peraturan Kepala BKKBN No. 82 tahun 2011 tentang struktur organisasi BKKBN Provinsi yang baru. “Jadi tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menselaraskan arah dan strategi kebijakan pembangunan Kependudukan dan KB antara Provinsi dan Kabupaten/kota,” kata Abdul Latif.

Kepala BKKBN Provinsi Jambi, yang akrab dipanggil Bu Retno, dalam arahannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya dalam menselaraskan arah dan strategi kebijakan pembangunan Kependudukan dan KB Nasional.

Revitalisasi program KB adalah salah satu prioritas dalam RPJMN 2011-2015 yang antara lain berupa peningkatan kemandirian ber KB, Peningkatan Ketahan Keluarga dan Penyajian data dan Informasi Kependudukan dan KB yang cepat dan akurat.

“Revitalisasi Program KB merupakan program KB pro rakyat yang mampu memberikan pelayanan KB Berkualitas sesuai dengan Standar Operating Prosedur (SOP) dan pelayanan KB cuma-cuma bagi keluarga miskin (Pra KS dan KS I)” jelasnya.

*PNS di BKKBN Provinsi Jambi

Editor: deddy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved