Bom Buku

P Kaget Bom Buku Ulil Meledak

JAKARTA, TRIBUNJAMBI.COM-P mengaku kaget bom buku yang ditujukan pada Ulil Abshar Abdallah, 15 Maret lalu ternyata meledak.

P Kaget Bom Buku Ulil Meledak
Kompas.com
Sesaat sebelum bom Utan Kayu Meledak , Selasa (15/3/2011) siang.
JAKARTA, TRIBUNJAMBI.COM- Salah satu tersangka dalam rencana teror bom di Gereja Christ Cathedral Serpong, P juga merupakan salah satu pelaku bom buku di Utan Kayu, Jakarta Timur.

Menurut Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Boy Rafli Amar menyatakan, dalam pemeriksaan penyidik, P mengaku kaget bom buku yang ditujukan pada Ulil Abshar Abdallah, 15 Maret lalu ternyata meledak.

"Dia (P) juga tidak menyangka bom buku di Kantor Berita Radio 68 H akan meledak saat itu," ujar Komisaris Besar Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Sabtu (23/4/2011).

Menurut Boy, P mempelajari sendiri (otodidak) merakit bom buku tersebut. Kepolisian menduga, P menggunakan pola lama, dan diduga dia terinspirasi dari kelompok jaringan-jaringan terorisme lama. Namun, Boy belum memastikan keterkaitan P dengan jaringan lama tersebut.

"Dia pakai pola lama dan diduga terinspirasi dari jaringan lama juga. Kami masih mendalami apakah dia juga memiliki keterkaitan dengan jaringan lain," imbuh Boy.

Terkait kurir bom buku menurut Boy, P mengaku menggunakan jasa orang luar yang tidak mengetahui mengenai rencananya tersebut. Tapi memang ada beberapa kurir yang berada dalam jaringan itu.

Seperti diberitakan, P mengirimkan paket berbungkus sampul cokelat tersebut berisi bom buku. dan selembar surat untuk aktivis Jaringan Islam Liberal, Ulil Abshar Abdallah. Alamat surat dalam paket tersebut tidak menggunakan nama P melainkan nama Drs Sulaiman Azhar, Lc dengan alamat Jalan Bahagia, Gg Panser No 29 Ciomas, Bogor.

Editor: deddy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help