Rabu, 26 November 2014
Tribun Jambi

Calon Mahasiswa Hindari Akreditasi C

Selasa, 29 Maret 2011 09:04 WIB

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Wahid

JAMBI,TRIBUNJAMBI.COM Perguruan Tinggi dengan akreditasi C dihindari para siswa SMA sederajat yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang tersebut. Menurut mereka, muara akhir dari proses kuliah adalah lapangan kerja. 

 "Keputusan yang tidak tepat jika kami memilih program studi yang memiliki akreditasi C yang notabene dihindari para penyedia lapangan kerja," kata Dama, Siswa SMAN 1 Jambi. 

 Walaupun ia berencana bekerja sambil kuliah, ia tetap akan mengandalkan ijazah sarjananya kelak untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. "Kalau akreditasinya C ya sama saja, modal untuk bersaingnya lemah," katanya kepada Tribun, Senin (28/3).

 Iapun cukup realistis, ia mengaku tidak mengejar grade universitas yang berada di nomor-nomor atas Indonesia, namun ia tetap mencari perguruan tinggi yang punya reputasi bagus dan cepat menyalurkan kerja.

 Siswa kelas 12 IPA 4 ini mengaku cukup memilih universitas yang meluluskan program studi sesuai pilihannya yaitu hukum, dengan reputasi bagus. Kadang perguruan tinggi, kata Dama, tidak unggul dalam segala hal namun terkenal di beberapa program studi saja. 

 "Kita boleh bermimpi, tapi jangan terlalu tinggi, jadi kalau terjatuh tak terlalu sakit," katanya menirukan pesan orang tuanya.

 Agar siswa tidak salah mengambil keputusan dan akhirnya menyesal, pihak sekolah memberikan bimbingan dan penjelasan mengenai trik memilih perguruan tinggi yang bagus. Hal itu dijelaskan Karnama, Humas SMAN1 Jambi. 

Penulis: wahid
Editor: rahimin
Sumber: Tribun Jambi

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas